Cara Mensucikan Benda Yang Terkena Najis - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Rabu, 10 Februari 2021

Cara Mensucikan Benda Yang Terkena Najis

Cara Mensucikan Benda Yang Terkena Najis Menurut Ulama Fiqh Madzhab Imam Syafi‛i

Tinjauan Pustaka

1). Kitab Safinah al-Najā Hal 42 (Syaikh Salim bin Samir al-Hadhrami) & Kitab Kasyifah al-Sajā (Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani)

فَصْلٌ
اَلْمُغَلَّظَةُ تَطْهُرُ بِسَبْعِ غَسَلَاتٍ بَعْدَ إِزَالَةِ عَيْنِهَا إِحْدَاهُنَّ بِتُرَابٍ وَالْمُخَفَّفَةُ تَطْهُرُ بِرَشِّ الْمَاءِ عَلَيْهَا مَعَ الْغَلَبَةِ وَإِزَالَةِ عَيْنِهَا وَالْمُتَوَسِّطَةُ تَنْقَسِمُ عَلَى قِسْمَيْنِ عَيْنِيَّةٌ وَحُكْمِيَّةٌ اَلْعَيْنِيَّةُ الَّتِيْ لَهَا لَوْنٌ وَرِيْحٌ وَطَعْمٌ فَلَا بُدَّ مِنْ إِزَالَةِ لَوْنِهَا وَرَيْحِهَا وَطَعْمِهَا وَالْحُكْمِيَّةُ الَّتِيْ لَا لَوْنَ وَلَا رَيْحَ وَلَا طَعْمَ يَكْفِيْكَ جَرْيُ الْمَاءِ عَلَيْهَا
Fashl - Benda yang terkena najis mughalladzah bisa jadi suci dengan 7 kali basuhan setelah menghilangkan dzatnya yang salah satunya dicampur tanah.
Benda yang terkena najis mukhaffafah bisa jadi suci dengan menyiramkan air yang dapat menggiring dan menghilangkan dzatnya najis tersebut.
Najis mutawassithah terbagi menjadi 2 bagian, yaitu : 
  • Najis mutawassithah 'ainiyah.
  • Najis mutawassithah hukmiyah. 
Najis mutawassitoh ‘ainiyah yaitu najis mutawassithah yang memiliki warna, bau dan rasa. Maka tidak boleh tidak menghilangkan warnanya, baunya dan rasanya.
Najis mutawassitoh hukmiyah yaitu najis mutawassithah yang tidak berwarnanya, tidak berbau dan tidak berasa. Maka cukup kepada anda menyiramkan air pada benda yang terkena najis tersebut.

Daftar Pustaka

al-Hadhrami, Syekh Salim bin Samir. Safinah al-Najā Hal 42
al-Bantani, Syaikh Muhammad Nawawi. Kasyifah al-Sajā.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas