2 Kulah = 500 Rithl Baghdad = 216000 Centimeter3 = 0,216 Meter3 = 216 Liter - BAITUSSALAM

2 Kulah = 500 Rithl Baghdad = 216000 Centimeter3 = 0,216 Meter3 = 216 Liter

Matematika Fiqih - 2 Kulah = 500 Rithl Baghdad = 216000 Centimeter3 = 0,216 Meter3 = 216 Liter. Bagaimana cara menghitungnya? 2 kulah setara 500 rithl Baghdad merupakan hasil ijtihad Imam Syafi'i dan al-mu'tamad Imam An-Nawawi. Jadi ke dalam takaran apapun 2 kulah dikonversi, 500 rithl baghdad lah acuannya. 

2 Kulah = 500 Rithl Baghdad & Cara Menghitungnya

Berikut ini adalah penjelasan hasil konversi 2 Kulah = 500 Rithl Baghdad & Cara Mengkonversinya ke Meteran merujuk pada penjelasan para ahli yang terdapat dalam kitab :
  • Safinah An-Najaa (Mushannif : Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhramy)
  • Syarah Safinah An-Najaa/Kasyifah As-Saja Hal 19-20 (Mushannif : Syaikh Muhammad Nawawi Al-Jawi)
  • At-Taqrib (Mushannif : Imam Abu Syuja Ahmad Al-Ashfahani)
  • Kifayah Al-Akhyar Jilid 1 Hal 12 - 13 (Mushannif : Imam Taqiyuddin Al-Hishni)
  • Syarah At-Taqrib/Fathul Qarib (Mushannif : Syaikh Ibnu Qasim Al-Ghazy), 
  • Syarah Fathul Qarib/Hasyiyah Al-Bajuri Jilid 1 Hal 36-37 (Mushannif : Syaikhul Islam Ibrahim Al-Bajuri)
  • Fathul Mu'in (Mushannif : Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibary) 
  • I'anah Ath-Thalibin Jilid 1 Hal 31 (Mushannif : Sayid Abu Bakar bin Sayid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi)
سفينة النجا للشيخ سالم بن سمير الحضرمي
الماء قليل وكثير القليل ما دون القلتين والكثير قلتان فأكثر
كاشفة السجا في شرح سفينة النجا للشيخ محمد نووي الجاوي ص ١٩ - ٢٠
وقدرها بالوزن خمس مائة رطل بالبغدادي التي هي أربعة وستون ألف درهم ومائتان وخمسة وثمانون درهما وخمسة أسباع درهمااذ كل رطل بغدادي مائة وثمانية وعشرون درهما وأربعة أسباع درهم وبالماكي أربعمائة رطل واثنا عشر رطلا وثلاثة عشر درهما وخمسة اسباع درهم على أن الرطل مائة وستة وخمسون درهما أفاد ذلك العلامة محمد صالح الرئيس وبالطائفي ثلثمائة وسبعة وعشرون رطلا وثلثا رطل اذ كل رطل طائفي مائة وستة وتسعون  درهما نبه على ذلك عبد الله المرغني في مفتاح فلاح المبتدي وبالمصري أربعمائة رطل وستة وأربعون رطلا وثلاثة أسباع رطل وبالدمشقي مائة وسبعة أرطال وسبع رطل
وقدرهما بالمساحة في المربع ذراع وربع طولا وعرضا وعمقا بذراع الآدمي وهو شبران تقريبا وفي المدور ذراعان عمقا بذراع الحديد وذراع عرضا بذراع الأدمي فكان ذلك بذراع اليد ذراعا عرضا وذراعين ونصفا عمقا لأن ذراع الحديد بذراع الآدمي ذراع وربع وفي المثلث وهو ما له ثلاثة أبعاد متساوية ذراع ونصف طولا وعرضا وذرعان عمقا بذراع الآدمي فالعرض هو ما كان بين الركنين والطول هو الركنان الآخران
Safinah An-Najaa :
Air itu ada air sedikit dan ada air banyak. Air sedikit adalah air yang kurang dari 2 qullah. Air banyak adalah air yang ada 2 qullah dan seterusnya lebih banyak dari 2 qullah. 
Syarah Safinah/Kasyifah As-Sajaa Hal 19 - 20 :
Kadar 2 qullah dengan وزنtimbangan adalah :
  • 500 rithl Baghdad. 500 rithl baghdad = 64.285 5/7 dirham. Karena setiap 1 rithl Baghdad = 128 4/7 dirham.
  • Dengan rithl Mekah adalah 412 rithl + 13 5/7 dirham. Berdasarkan bahwa 1 rithl = 156 dirham. Al-Alamah Muhammad Shalih Ar-Ra'is memفائدةkannya.
  • Dengan rithl Tha'if adalah 327 2/3 rithl tha'if. Karena 1 rithl Tha'if = 196 dirham. Syaikh Abdullah Al-Marghani menتنبيهkannya dalam Miftahul Falah Al-Mubtadi. 
  • Dengan rithl Mesir adalah 446 3/7 rithl. 
  • Dengan rithl Damaskus adalah 107 1/7 rithl.
Ukuran 2 qullah dengan ukuran المساحةAlat ukur tanah/luas penampang/Meteran :
  • Pada yang berbentuk المربعsegiempat adalah 1 1/4 ذراعhasta) طولpanjangnya عرضlebarnya dan عمقkedalamannya, dengan standar hasta Bani Adam. 1 hasta bani Adam = 2شبرjengkal.
  • Pada yang berbentuk المدورbulat adalah 2 hasta kedalamannya dengan standar hasta tukang besi. 1 hasta lebarnya dengan standar hasta bani Adam. Berarti silinder tersebut dengan hasta tangan normal adalah 1 hasta lebarnya dan 2 1/2 hasta kedalamannya. Karena hasta tukang besi dikonversi dengan hasta bani Adam adalah 1 1/4 hasta.
  • Pada yang berbentuk المثلث yaitu perkara yang memiliki 3 sudut yang saling menyamai adalah 1 1/2 hasta panjang dan lebarnya, serta 2 hasta kedalamannya dengan hasta bani Adam. 
Yang dimaksud عرضLebar adalah perkara yang ada antara 2 tiang. Yang dimaksud طولpanjang adalah 2 tiang lainnya.
(Lihat : Kasyifah As-Saja fi Syarh Safinah An-Naja Halaman 19 - 20)

غاية الإختصار للإمام أبي شجاع أحمد الأصفهاني
والقلتان خمسمائة رطل بغدادي تقريبا في الأصح 
كفاية الأخيار في حل ألفاظ غاية الإختصار للإمام تقي الدين الحصني ج ١ ص ١٢ - ١٣
ﻭاﻟﻘﻠﺘﺎﻥ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﺎﻟﻌﺮاﻗﻲ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﻓﻲ اﻷﺻﺢ
 ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ اﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇﺫا ﺑﻠﻎ اﻟﻤﺎء ﻗﻠﺘﻴﻦ ﺑﻘﻼﻝ ﻫﺠﺮ ﻻ ﻳﻨﺠﺴﻪ ﺷﻲء ﻗﺎﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ ﺭﺃﻳﺖ ﻗﻼﻝ ﻫﺠﺮ ﻭاﻟﻘﻠﺔ ﺗﺴﻊ ﻗﺮﺑﺘﻴﻦ ﺃﻭ ﻗﺮﺑﺘﻴﻦ ﻭﺷﻴﺌﺎ ﻓﺎﺣﺘﺎﻁ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻨﻪ ﻭﺟﻌﻞ اﻟﺸﻲء ﻧﺼﻔﺎ ﻭاﻟﻘﺮﺑﺔ ﻻ ﺗﺰﻳﺪ ﻓﻲ اﻟﻐﺎﻟﺐ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﻭﺣﻴﻨﺌﺬ ﻓﺠﻤﻠﺔ ﺫﻟﻚ ﺧﻤﺲ ﻗﺮﺏ ﻭﻫﻲ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﺎﻟﻌﺮاﻗﻲ ﻭﻫﻞ ﺫﻟﻚ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ اﻟﺘﻘﺮﻳﺐ ﺃﻭ اﻟﺘﺤﺪﻳﺪ اﻷﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ اﻟﺘﻘﺮﻳﺐ ﻓﻌﻠﻰ ﻫﺬا اﻷﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻀﺮ ﻧﻘﺼﺎﻥ ﻗﺪﺭ ﻻ ﻳﻈﻬﺮ ﺑﻨﻘﺼﻪ ﺗﻔﺎﻭﺕ ﻓﻲ اﻟﺘﻐﻴﺮ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﻦ اﻟﻤﻐﻴﺮاﺕ ﻣﺜﺎﻟﻪ ﻟﻮ ﻭﺿﻌﻨﺎ ﻗﺪﺭ ﺭﻃﻞ ﻣﻦ اﻟﻤﻐﻴﺮاﺕ ﻓﻲ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﻣﺎ ﺗﺄﺛﺮﺕ ﻭﻟﻮ ﻧﻘﺼﻨﺎ ﻣﻦ ﻣﺎء ﺁﺧﺮ ﻗﺪﺭ ﺭﻃﻠﻴﻦ ﻣﺜﻼ ﺃﻭ ﺛﻼﺛﺔ ﻭﻫﻲ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﻭﻭﺿﻌﻨﺎ ﺭﻃﻞ ﻣﺎ ﺗﺄﺛﺮﺕ ﻓﻬﺬا اﻟﻨﻘﺼﺎﻥ ﻻ ﻳﺆﺛﺮ ﻓﻠﻮ ﻭﺿﻌﻨﺎ ﻗﺪﺭ ﺭﻃﻞ ﻣﻦ اﻟﻤﻐﻴﺮاﺕ ﻓﻲ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﺇﻻ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﺭﻃﺎﻝ ﻣﺜﻼ ﻓﺄﺛﺮ ﻗﻠﻨﺎ ﻫﺬا اﻟﻨﻘﺺ ﻳﺆﺛﺮ ﻭﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ اﻟﺘﺤﺪﻳﺪ ﻳﻀﺮ ﺃﻱ ﻧﻘﺺ ﻛﺎﻥ ﻛﻨﺼﺐ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻭﻗﻴﻞ ﻳﻌﻔﻰ ﻋﻦ ﻧﻘﺺ ﺭﻃﻠﻴﻦ ﻭﻗﻴﻞ ﺛﻼﺛﺔ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ ﻭﻗﺪﺭ اﻟﻘﻠﺘﻴﻦ ﺑﺎﻟﻤﺴﺎﺣﺔ ﺫﺭاﻉ ﻭﺭﺑﻊ ﻃﻮﻻ ﻭﻋﺮﺿﺎ ﻭﻋﻤﻘﺎ ﻭﻗﺪﺭﻫﻤﺎ ﺑﺎﻟﺪﻣﺸﻘﻲ ﻣﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﻭﺛﻤﺎﻧﻴﺔ ﺃﺭﻃﺎﻝ ﻭﺛﻠﺜﻲ ﺭﻃﻞ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ اﻟﺮاﻓﻌﻲ ﺃﻥ ﺭﻃﻞ ﺑﻐﺪاﺩ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺛﻼﺛﻮﻥ ﺩﺭﻫﻤﺎ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ
Ghayah Al-Ikhtishar/At-Taqrib :
Dan 2 qullah adalah 500 rithl Baghdad secara taqrib/pendekatan berdasarkan qaul al-ashahh.
Syarah Ghayah Al-Ikhtishar/Kifayah Al-Akhyar Jilid 1 Hal 12 - 13 :
Dan 2 qullah adalah 500 rithl Baghdad secara taqriban/pendekatan berdasarkan qaul al-ashahh.
Karena ada Hadits yang diriwayatkan Al-Mawardi dari Abdullah bin Umar RA, dia berkata : telah bersabda Rasulullah SAW : "jika sampai air pada 2 qullah dengan qulah-qulah kampung hajar maka tidak menjadikannya mutanajjis sesuatupun". Telah berkata Imam Syafi'i Rahimahullah : telah berkata Ibnu Juraij : "aku telah melihat qulah-qulah kampung hajar dan adapun 1 qullah adalah 9 qirbah atau 9 qirbah + شيء", kemudian Imam Syaf'i RA berihtiyath dan dia menjadikan شيء jadi 1/2. Dan pada keghalibannya 1 qirbah tidak melebihi terhadap 100 rithl. Dan tatkala demikian, maka jumlahnya 5 qirbah, dan itu adalah 500 rithl dengan rithl Irak. Dan apakah itu على سبيل التقريب atau على سبيل التحديد, Adapun qaul al-ashahh adalah bahwasanya itu على سبيل التقريب. Maka berdasarkan qaul al-ashahh ini, tidak menjadi madharat adanya kekurangan ukuran yang dengan kekurangan tersebut tidak menjadi kontras selisih pada perubahan dengan ukuran dzat pengubah, contoh kasusnya adalah : 
  • jika kita meletakan seukuran 1 rithl dari antara dzat pengubah pada 500 rithl, maka tidak berpengaruh. Jika kita mengurangi dari air seukuran 2 rithl umpamanya, atau 3 rithl, dan airnya ada 500 rithl, dan kita meletakan seukuran 1 rithl, maka tidak berpengaruh. Maka kedua kasus kekurangan ini tidak berpengaruh.
  • jika kita meletakan seukuran 1 rithl dari antara dzat pengubah pada 495 (500-5) umpamanya, maka berpengaruh. Pendapat kami kekurangan ini berpengaruh. 
Dan berdasarkan qaul تحديد maka menjadi madharat apapun keadaan kurangnya, Seperti pada nishab zakat. Dan قيلdikatakan/menurut qoul قيل : dimaapkan dari kekurangan 2 rithl. Dan قيلdikatakan/menurut qoul قيل : dimaapkan dari kekurangan 3 rithl.
Ukuran 2 qullah dengan مساحة/Alat ukur tanah/luas penampang/Meteran adalah 1 1/4 panjangnya, lebarnya dan kedalamannya. Ukuran 2 qullah dengan rithl damaskus adalah 108 2/3 rithl secara تقريبا Berdasarkan qaul Imam Ar-Rafi'i sesungguhnya 1 rithl baghdad adalah 130 dirham. Wallahu A'lam.
(Lihat : Kifayah Al-Akhyar Jilid 1 Hal 12 - 13)

التقريب للإمام أبي شجاع أحمد الأصفهاني
والقلتان خمسمائة رطل بغدادي تقريبا في الأصح 
فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب للشيخ محمد ابن قاسم الغزي
والقلتان خمسمائة رطل بغدادي تقريبا في الأصح فيهما والرطل البغدادي عند النووي مائة وثمانية وعشرون درهما وأربعة أسباع درهم
حاشية الباجوري على شرح العلامة ابن قاسم الغزي للشيخ ابراهيم الباجوري ج ١ ص ٣٦ - ٣٧
قوله خمسمائة رطل بغدادي
هذا بالبغدادي وأما بالمصري فأربعمائة رطل وستة وأربعون رطلا وثلاثة أسباع رطل وبالدمشقي مائة وسبعة أرطال وسبع رطل وكل هذا على تصحيح النووي والرطل بكسر الراء على الأفصاح ويجوز الفتح
قوله تقريبا
تمييز محول عن المضاف والأصل تقريب خمسمائة رطل بغدادي أى مقربها بمعنى ما يقرب منها فلا يضر نقص رطل أو رطلين على الأشهر في الروضة
قوله في الأصح
أى على القول الأصح وهو المعتمد
قوله فيهما
أى في كونهما خمسمائة رطل وكونها تقريبا ومقابل الأصح في الأول ما قيل من أنهما ستمائة رطل وما قيل من أنهما ألف رطل ومقابله في الثاني التحديد وعليه فيضر النقص وان قل
قوله والرطل البغدادي الخ
وأما الرطل المصري فمائة وأربعة وأربعون درهما وقد علمت مقدار القلتين عليه
قوله عند النووي الخ
وأما عند الرافعي فمائة وثلاثون درهما وهو خلاف المعتمد
At-Taqrib/Ghayah Al-Ikhtishar :
Dan 2 qullah adalah 500 rithl Baghdad secara taqrib/pendekatan berdasarkan qaul al-ashahh.
Syarah At-Taqrib/Fathul Qarib :
Dan 2 qullah adalah 500 rithl Baghdad secara taqrib/pendekatan berdasarkan qaul al-ashahh pada keduanya. 1 rithl Baghdad menurut Imam Nawawi adalah 128 4/7 dirham
Syarah Fathul Qarib/Hasyiyah Al-Bajuri :
Redaksi At-Taqrib : خمسمائة رطل بغدادي 
ini menggunakan rithl Baghdad. Adapun dengan rithl Mesir maka adalah 446 3/7 rithl. Dan dengan rithl Damaskus adalah 107 1/7 rithl. Dan setiap konversi ke rithl ini berdasarkan tashhih Imam An-Nawawi. Lafadz رطل adalah dengan harkat kasrah pada ر berdasarkan yang lebih fashihat dan boleh fatah.
Redaksi At-Taqrib : تقريبا
lafadz تقرييا tarkibnya menjadi تمييز محول عن المضاف asalnya adalah تقريب خمسمائة رطل بغدادي maksudnya mendekati 500 rithl Baghdad mengandung makna ما يقرب منها. Oleh karena تقريبا bukan تحديدا maka tidak madharat kurang 1 rithl atau 2 rithl berdasarkan qaul al-asyhar dalam kitab Ar-Raudhah.
Redaksi At-Taqrib : في الأصح
berdasarkan qaul al-ashahh dan qaul tersebut adalah qaul al-mu'tamad.
Redaksi Fathul Qarib : فيهما
pada status 2 qullah adalah 500 rithl Baghdad dan pada statusnya تقريبا/pendekatan. Qaul tandingan al-ashahh yang pertama adalah qaulقيل tentang bahwasanya 2 qullah adalah 600 rithl dan qaulقيل tentang bahwasanya 2 qullah adalah 1000 rithl. Qaul tandingan al-ashahh yang kedua adalah التحديد, dan berdasarkan qaul bahwa 500 rithl adalah التحديد maka kekurangan menjadi madharat walaupun kurangnya sedikit.
Redaksi Fathul Qarib : والرطل البغدادي الخ
Adapun 1 rithl Mesir maka adalah 144 dirham. Dan anda sudah tau ukuran 2 qullah berdasarkannya.
Redaksi Fathul Qarib : عند النووي الخ
Adapun menurut Imam Rafi'i maka adalah 130 dirham, dan pendapat ini status pendapatnya khilaful mu'tamad.
(Lihat : Hasyiyah Al-Bajuri ala Syarh Al-Alamah Ibn Qasim Al-Ghazy Jilid 1 Hal 36 - 37)

فتح المعين للشيخ زين الدين المليباري
والقلتان بالوزن خمسمائة رطل بغدادي تقريبا وبالمساحة في المربع ذراع وربع طولا وعرضا وعمقا بذراع اليد المعتدلة وفي المدور ذراع من سائر الجوانب بذراع الأدمي وذرعان عمقا بذراع النجار وهو ذراع وربع
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين للسيد أبي بكر إبن السيد محمد شطا الدمياطي ج ١ ص ٣١
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭاﻟﻘﻠﺘﺎﻥ)
 ﻫﻤﺎ ﻓﻲ اﻷﺻﻞ اﻟﺠﺮﺗﺎﻥ اﻟﻌﻈﻴﻤﺘﺎ ﻓﺎﻟﻘﻠﺔ اﻟﺠﺮﺓ اﻟﻌﻈﻴﻤﺔ، ﺳﻤﻴﺖ ﺑﺬﻟﻚ ﻷﻥ اﻟﺮﺟﻞ اﻟﻌﻈﻴﻢ ﻳﻘﻠﻬﺎ ﺃﻱ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ.
ﻭﻫﻲ ﺗﺴﻊ ﻗﺮﺑﺘﻴﻦ ﻭﻧﺼﻔﺎ ﻣﻦ ﻗﺮﺏ اﻟﺤﺠﺎﺯ، ﻭاﻟﻘﺮﺑﺔ ﻣﻨﻬﺎ ﻻ ﺗﺰﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﻐﺪاﺩﻱ.
ﻭﻓﻲ ﻋﺮﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء: اﺳﻢ ﻟﻠﻤﺎء اﻟﻤﻌﻠﻮﻡ.
(ﻗﻮﻟﻪ: ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﻐﺪاﺩﻱ)
 اﻟﺮﻃﻞ اﻟﺒﻐﺪاﺩﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﻨﻮﻭﻱ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺛﻤﺎﻧﻴﺔ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﺩﺭﻫﻤﺎ ﻭﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺳﺒﺎﻉ ﺩﺭﻫﻢ، ﻭﻋﻨﺪ اﻟﺮاﻓﻌﻲ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺛﻼﺛﻮﻥ ﺩﺭﻫﻤﺎ، ﻭﻫﻮ ﺧﻼﻑ اﻟﻤﻌﺘﻤﺪ.
ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﺃﻱ ﻻ ﺗﺤﺪﻳﺪا.
ﻓﻼ ﻳﻀﺮ ﻧﻘﺺ ﺭﻃﻞ ﺃﻭ ﺭﻃﻠﻴﻦ - ﻋﻠﻰ اﻷﺷﻬﺮ ﻓﻲ اﻟﺮﻭﺿﺔ -.
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺑﺎﻟﻤﺴﺎﺣﺔ)
 ﺃﻱ ﻭاﻟﻘﻠﺘﺎﻥ ﺑﺎﻟﻤﺴﺎﺣﺔ.
ﻭﻫﻲ ﺑﻜﺴﺮ اﻟﻤﻴﻢ اﻟﺬﺭﻉ.
ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﻓﻲ اﻟﻤﺮﺑﻊ ﺫﺭاﻉ ﺇﻟﺦ ﺑﻴﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﺃﻥ ﻛﻼ ﻣﻦ اﻟﻄﻮﻝ ﻭاﻟﻌﺮﺽ ﻭاﻟﻌﻤﻖ ﻳﺒﺴﻂ ﻣﻦ ﺟﻨﺲ اﻟﻜﺴﺮ، ﻭﻫﻮ اﻟﺮﺑﻊ.
ﻓﺠﻤﻠﺔ ﻛﻞ ﻭاﺣﺪ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﺭﺑﺎﻉ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﺎ ﺑﺄﺫﺭﻉ
ﻗﺼﻴﺮﺓ، ﻭﺗﻀﺮﺏ ﺧﻤﺴﺔ اﻟﻄﻮﻝ ﻓﻲ ﺧﻤﺴﺔ اﻟﻌﺮﺽ ﻳﻜﻮﻥ اﻟﺤﺎﺻﻞ ﺧﻤﺴﺔ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ، ﺗﻀﺮﺏ ﻓﻲ ﺧﻤﺴﺔ اﻟﻌﻤﻖ ﻳﻜﻮﻥ اﻟﺤﺎﺻﻞ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺧﻤﺴﺔ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ، ﻭﻛﻞ ﺭﺑﻊ ﻳﺴﻊ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺭﻃﺎﻝ ﻓﺘﻀﺮﺏ ﻓﻲ اﻟﻤﺎﺋﺔ ﻭاﻟﺨﻤﺴﺔ ﻭاﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﺗﺒﻠﻎ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ.
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻓﻲ اﻟﻤﺪﻭﺭ ﺫﺭاﻉ ﻣﻦ ﺳﺎﺋﺮ اﻟﺠﻮاﻧﺐ ﺇﻟﺦ)
 ﺑﻴﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻴﻪ ﺃﻥ اﻟﻌﻤﻖ ﺫﺭاﻋﺎﻥ ﺑﺬﺭاﻉ اﻟﻨﺠﺎﺭ، ﻭﻫﻮ ﺫﺭاﻉ ﻭﺭﺑﻊ ﺑﺬﺭاﻉ اﻵﺩﻣﻲ، ﻓﻬﻤﺎ ﺑﻪ ﺫﺭاﻋﺎﻥ ﻭﻧﺼﻒ، ﻭﺃﻥ اﻟﻌﺮﺽ ﺫﺭاﻉ، ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻌﺮﺽ ﻛﺬﻟﻚ، ﻳﻜﻮﻥ اﻟﻤﺤﻴﻂ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺫﺭﻉ ﻭﺳﺒﻌﺎ، ﻷﻥ ﻣﺤﻴﻂ ﻛﻞ ﺩاﺋﺮﺓ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻣﺜﺎﻝ ﻋﺮﺿﻬﺎ ﻭﺳﺒﻊ ﻣﺜﻠﻪ.
ﻭﺗﺒﺴﻂ ﻛﻼ ﻣﻦ اﻟﻌﻤﻖ ﻭاﻟﻌﺮﺽ ﺃﺭﺑﺎﻋﺎ، ﻓﻴﻜﻮﻥ اﻟﻌﻤﻖ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﺫﺭﻉ ﻭاﻟﻌﺮﺽ ﺃﺭﺑﻌﺔ، ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻌﺮﺽ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻛﺎﻥ اﻟﻤﺤﻴﻂ اﺛﻨﻰ ﻋﺸﺮ ﻭﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺳﺒﺎﻉ، ﻓﺘﻀﺮﺏ ﻧﺼﻒ اﻟﻌﺮﺽ ﻓﻲ ﻧﺼﻒ اﻟﻤﺤﻴﻂ ﻳﻜﻮﻥ اﻟﺨﺎﺭﺝ اﺛﻨﻰ ﻋﺸﺮﻯ ﻭﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺳﺒﺎﻉ، ﺛﻢ ﺗﻀﺮﺏ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻓﻲ ﻋﺸﺮﺓ اﻟﻌﻤﻖ ﻳﻜﻮﻥ اﻟﺨﺎﺭﺝ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺧﻤﺴﺔ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻭﺧﻤﺴﺔ ﺃﺳﺒﺎﻉ.
ﻷﻥ ﺣﺎﺻﻞ ﺿﺮﺏ اﺛﻨﺘﻲ ﻋﺸﺮﺓ ﻓﻲ ﻋﺸﺮﺓ ﺑﻤﺎﺋﺔ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ، ﻭﺣﺎﺻﻞ ﺿﺮﺏ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺳﺒﺎﻉ ﻓﻲ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﺭﺑﻌﻮﻥ ﺳﺒﻌﺎ ﺧﻤﺴﺔ ﻭﺛﻼﺛﻮﻥ ﺑﺨﻤﺴﺔ ﺻﺤﻴﺤﺔ - ﻭﻻ ﺗﻀﺮ ﺯﻳﺎﺩﺓ اﻷﺳﺒﺎﻉ - ﻭﻛﻞ ﺭﺑﻊ ﻳﺴﻊ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺭﻃﺎﻝ، ﻓﺘﻀﺮﺏ ﻓﻲ اﻟﻤﺎﺋﺔ ﻭاﻟﺨﻤﺴﺔ ﻭاﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﻳﺒﻠﻎ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ
Fathul Mu'in : 
2 qullah dengan وزنtimbangan adalah 500 rithl Baghdad secara taqriban/pendekatan. Dan dengan مساحة pada penampang berbentuk segiempat adalah 1 1/4 hasta untuk panjangnya lebarnya dan kedalamannya dengan standar hasta tangan yang normal. Dan pada penampang berbentuk bulat adalah 1 hasta dari sebagian lain sisi-sisinya dengan standar hasta bani Adam dan 2 hasta kedalamannya dengan standar hasta tukang kayu yaitu 1 1/4 hasta.
I'anah Ath-Thalibin Jilid 1 Hal 31 :
Redaksi Fathul Muin : والقلتان
قلتان tersebut secara asal adalah الجرتان العظيمتان maka 1 قلة adalah 1 جرة besar. Dinamakan قلة karena seorang pria sejati besar mengeduknya untuk mengangkatnya. 1 قلة adalah 9 1/2 قربة dari qurbah-qurbah hijaz. 1 قربة dari hijaz tidak melebihi 100 rithl baghdad. Dan pada kebiasaan fuqoha, istilah قلة adalah nama untuk air yang sudah maklum.
Redaksi Fathul Mu'in : خمسمائة رطل بغدادي
1 rithl baghdad menurut Imam An-Nawawi adalah 128 4/7 dirham. Dan menurut Imam Rafi'i adalah 130 dirham dan pendapat 130 dirham tersebut khilaf terhadap al-mu'tamad. Redaksi تقريبا maksudnya bukan تحديدا oleh karena bukan تحديدا maka tidak menjadi madharat kekurangan 1 rithl atau 2 rithl berdasarkan pendapat yang lebih masyhur dalam kitab Ar-Raudhah.
Redaksi Fathul Mu'in : وبالمساحة
Maksudnya والقلتان بالمساحة. Lafadz مساحة dengan kasrah م artinya adalah ذرعbentangan. Dan redaksi في المربع ذراع الخ merupakan بيان terhadap redaksi بالمساحة bahwasanya masing-masing dari panjang, lebar dan kedalaman dibeberkeun dari jenis pecahan yaitu 1/4 maka jumlah masing-masing adalah 5 rubu' dan diistilahkan 5 rubu' dengan sebutan "أذرع قصيرة". Kalikan 5 panjang dan 5 lebar maka akan jadi alhasil 25. Dan 25 dikalikan pada 5 kedalaman, maka akan jadi alhasil 125. Dan setiap rubu' mencukupi 4 rithl. Kemudian kalikan 4 pada 125, maka akan sampai pada 500 rithl.
Redaksi Fathul Mu'in : وفي المدور ذراع من سائر الجوانب الخ 
بيان dari بالمساحة pada المدور bahwasanya kedalaman adalah 2 hasta dengan standar hasta tukang kayu, dan itu adalah 1 1/4 dengan hasta bani Adam. Maka 2 hasta tersebut dikonversi dengan hasta bani Adam adalah 2 1/2 hasta. Dan bahwasanya lebar adalah 1 hasta, dan jika keberadaannya demikian maka akan jadi yang melingkarinya 3 1/7 hasta, karena yang melingkari setiap yang bulat adalah 3 mitsil lebarnya + 1/7 mitsilnya. Dibeberkeun masing-masing dari kedalaman dan lebar menjadi rubu'-rubu', maka kedalaman akan jadi 10 hasta, dan lebar 4 rubu'. Dan jika lebar 4 rubu maka yang melingkari 12 4/7. Kemudian dikalikan setengah lebar pada setengah lingkaran, maka akan jadi yang keluar angka 12 4/7. Kemudian dikalikan jumlah tersebut pada kedalaman maka akan menjadi keluar 125 1/7. Karena hasil dari perkalian 12 pada 10 adalah 120, dan hasil dari perkalian 4/7 pada 10 adalah 40/7. 35 dikonversi menjadi 5 angka shahih, tidak madharat ada tambahan rubu'. Setiap rubu' mencukupi 4 rithl, kemudian dikalikan pada 125, maka sampailah pada 500 rithl.
(Lihat : I'anah Ath-Thalibin Jilid 1 Hal 31)

Demikian penjelasan para ulama. Sepertinya penulis sudah tidak perlu menambah referensi dari kitab kuning lagi ya, karena point-point pentingnya sebagai modal untuk kutrat-kotret sudah dikantongi, yaitu :
  • 2 kulah (qullah/قلة) = 500 rithl baghdad, dan dengan itu dapat diambil kesimpulan bahwa 1 Kulah = 250 rithl baghdad. Ini dikategorikan qaul al-mu'tamad oleh Imam Nawawi dari hasil ijtihad Imam Syafi'i. Jadi angka 500 rithl ini merupakan konversi resmi madzhab Imam Syafi'i sedunia. 
  • Cara hitung cepat untuk mengkonversi dari 500 rithl ke liter adalah dengan mengkonversinya terlebih dahulu ke cm3, dan itu dapat dengan mudah dilakukan jika kita sudah mengkonversinya terlebih dahulu ke kubikasi pada jenis penampungan المربعsegiempat/kubus. Tapi sebelum itu kita perlu mengkonversi dulu hasta ke cm. Gampang...
Cara Konversi Hasta Jadi Centimeter
  • 1 hasta = 2 شبرjengkal (lihat : hasil terjemahan penulis terhadap redaksi Kasyifah As-Saja). 
  • 2 jengkal = 2 × 24 cm = 48 cm
  • 1 1/4 hasta = 48 + 12 cm = 60 cm Sebagaimana sudah dijelaskan oleh para ulama, untuk مربع adalah : ukuran Panjang, lebar dan kedalaman (tinggi) harus 1 1/4 hasta. 
Cara Konversi 2 Kulah Jadi 216000 cm3
  • Rumus untuk mencari volume kubus sudah maklum, yaitu : P × L × T. 
  • Jadi rumusnya : P 60 cm × L 60 cm × T 60 cm = 216.000 cm3
  • Jadi, 500 rithl Baghdad = 216.000 cm3
  • Alhasil : 2Kulah (qullahقلة) = 216.000 cm3
Cara Konversi 2 Kulah Jadi 0,216 Meter3
  • 1 1/4 hasta = 60 cm
  • 60 cm = 0,6 m
  • Volume : P 0,6 m × L 0,6 m × T 0,6 m = 0,216 m3
  • Jadi, 500 rithl Baghdad = 0,216 m3
  • Alhasil : 2 Kulah (qullahقلة) = 0,216 m3
Cara Konversi 2 Kulah Jadi 216 Liter
  • 1000 cm3 = 1 liter
  • 216.000 cm3 = 216 Liter
  • Jadi, 500 rithl Baghdad = 216 liter
  • Alhasil : 2 Kulah (qullahقلة) = 216 liter
Ada juga versi yang mengatakan bahwa 2 kulah setara 270 liter dengan mengasumsikan 1 1/4 hasta setara 91,8 cm bukan 60 cm. Jadi akar masalahnya ada pada perbedaan hasil konversi hasta & jengkal ke centimeter, bukan rithlnya. Bahkan jika standar fiqihnya tangan penulis, maka :
  • 1 jengkal panjangnya malah beda, 21cmkiri 20cmkanan 😇😆 kurang dari 24 centimeter padahal sudah dideudeut-deudeut
  • Hasta penulis juga setelah diukur panjangnya 46 bukan 48. Tapi kiri-kanan sama, berarti jeujeug euy 😁
Jadi standar ulama fiqih itu tangan siapa? Yang jelas dalam kitab-kitab referensi, biasanya yang dijadikan standar menggunakan istilah-istilah berikut : الآدميbaniAdam, المعتدلnormal, المتوسطpertengahan, dsb istilah-istilah yang mengindikasikan standar manusia secara umum bukan hanya orang indonesia karena produk hukum berlaku untuk umat islam sedunia.

Kesimpulan

2 Kulah = 500 Rithl Baghdad = 216000 Centimeter3 = 0,216 Meter3 = 216 Liter. Acuannya adalah qaul al-mu'tamad hasil ijtihad Imam Syafi'i versi Imam An-Nawawi, bahwa 2 Kulah = 500 Rithl Baghdad. Pendapat tersebut juga dipilih oleh mayoritas ulama Syafi'iyah serta ulama-ulama Hanabilah sebagaimana dijelaskan dalam kitab perbandingan madzhab, seperti : Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuh

Daftar Pustaka
Al-Hishni, Imam Taqiyuddin. Kifayah Al-Akhyar. Syirkah Nur Asia.
Al-Ghazy, Syaikh Ibnu Qasim. Fath Al-Qarib Al-Mujib. Syirkah Nur Asia.
Al-Bajuri, Syaikhul Islam Ibrohim. Hasyiyah Al-Bajuri. Toha Putra.
Al-Malibary, Syaikh Zainuddin. Fath Al-Mu'in. Pustaka Al-Alawiyah 
Al-Bakri, Sayid Abu Bakar. I'anah Ath-Thalibin. Syirkah Nur Asia.
Al-Jawi, Syaikh Muhammad Nawawi. Kasyifah As-Saja fi Syarh Safinah An-Naja. Al-Haromain.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Pustaka Progressif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas