Menggunakan Qaul Dha'if Dalam Lingkungan Madzhab Yang Sudah Dita'yin & Diiltizami Lebih Utama Daripada Taqlid Terhadap Madzhab Lain - BAITUSSALAM

Minggu, 15 Mei 2022

Menggunakan Qaul Dha'if Dalam Lingkungan Madzhab Yang Sudah Dita'yin & Diiltizami Lebih Utama Daripada Taqlid Terhadap Madzhab Lain

Bolehkah qaul dha'if dipergunakan sebagai dasar dari amaliyah ibadah kita? Logikanya begini, ulama menampilkan qaul-qaul tersebut dalam kitab-kitabnya bukan tanpa tujuan, yang salah satu di antaranya tentu saja sebagai alternatif yang bisa dijadikan pegangan dasar amaliyah ibadah kita. Selama kualitas kedhaifannya tidak terlalu.
وأما الأقوال الضعيفة فيجوز العمل بها في حق النفس لا في حق الغير ما لم يشتد ضعفها ولا يجوز الإفتاء ولا الحكم بها. والقول الضعيف شامل لخلاف الأصح وخلاف المعتمد وخلاف الأوجه وخلاف المتجه. وأما خلاف الصحيح فالغالب أنه يكون فاسدا لا يجوز الأخذ به. ومع هذا كله فلا يجوز للمفتي أن يفتى حتى يأخذ العلم بالتعلم من أهله المتقين له العارفين به. وأما مجرد الأخذ من الكتب من غير أخذ عمن ذكر فلا يجوز لقوله صلى الله عليه وسلم انما العلم بالتعلم ومع ذلك لابد من فهم ثاقب ورأي صائب فعلى من أراد الفتوى أن يعتنى بالتعلم غاية الإعتناء اه
Adapun qaul-qaul dha'if, maka boleh amal menggunakannya di hak diri sendiri tidak di hak orang lain. Selagi tidak kebangetan dha'ifnya. Tidak boleh berfatwa dan menetapkan hukum dengannya. Qaul dha'if mencakup terhadap :
  • Qaul khilaf al-ashahh
  • Qaul khilaf al-mu'tamad
  • Wajh khilaf al-aujuh
  • Wajh khilaf al-muttajah
Adapun qaul khilaf ash-shahih, yang ghalib adalah bahwasanya itu keadaannya fasid. Tidak boleh mengambilnya. Beserta ini semuanya, maka tidak boleh bagi seorang mufti berfatwa sehingga mengambil ilmu melalui ta'allum. Beserta itu, tidak boleh tidak dari memiliki pemahaman yang mendalam dan perspektif yang benar. Maka wajib kepada orang yang bermaksud untuk berfatwa berhati-hati dalam berta'allum sehati-hatinya.[1]

Menurut sebagian ulama, menggunakan qaul dha'if dalam lingkungan madzhab yang sudah dita'yin & diiltizami bahkan lebih utama daripada taqlid terhadap madzhab lain. Hal itu sehubungan dengan tidak mudahnya upaya pemenuhan syarat menggunakan pendapat madzhab lain.
في الفوائد المدنية للكردي أن تقليد القول أو الوجه الضعيف في المذهب بشرطه أولى من تقليد مذهب الغير لعسر اجتماع شروطه اه
Terdapat penjelasan di dalam Kitab Al-Fawa'id Al-Madaniyah milik Imam Al-Kurdi, bahwasanya taqlid terhadap القول الضعيف في المذهب atau الوجه الضعيف في المذهب dengan memenuhi syarat taqlid lebih utama daripada mentaqlidi madzhab lain dikarenakan sulitnya memenuhi syarat-syarat taqlid.[2]

Sumber :
[1] Sayid Abu Bakar Ad-Dimyathi, I'anah Ath-Thalibin Jilid 2 Hal 19.
[2] Sayid Abdurrohman Ba'alawi, Bughiyah Al-Mustarsyidin Hal 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas