Rokaat Tarawih 4 Madzhab - BAITUSSALAM

Jumat, 25 Maret 2022

Rokaat Tarawih 4 Madzhab

Diakui atau tidak, setiap tahun menjelang ramadhan jumlah rokaat shalat sunat tarawih merupakan salah satu yang membuat jemaah tarawih penasaran. Berapa sih jumlah rokaat tarawih yang sebenarnya menurut perspektif ulama fiqih 4 madzhab?

Untuk mengetahui itu, penting menelusurinya dari kitab perbandingan madzhab. Terutama dari 3 kitab perbandingan madzhab paling populer :

  • Al-Fiqh Ala Madzahib Al-Arba'ah
  • Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuh
  • Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah
Berikut ini kami kutipkan kesimpulan dari kitab-kitab tersebut :

وقد ثبت أن صلاة التراويح عشرون ركعة سوى الوتر
Dan telah menjadi ketetapan bahwasanya shalat tarawih adalah 20 rokaat selain shalat witir (Al-Fiqh Ala Madzahib Al-Arba'ah)

وللعلماء في عدد التراويح ثلاثة أقوال: قول كثير من العلماء إنها عشرون وهو السنة، لعمل المهاجرين والأنصار
Dan bagi para ulama perihal jumlah rokaat tarawih ada 3 pendapat. Pendapat mayoritas dari ulama adalah bahwasanya tarawih 20 rokaat. Dan itu adalah sunnah, karena muhajirin dan anshar mengamalkan. (Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuh)

فَذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ - مِنَ الْحَنَفِيَّةِ، وَالشَّافِعِيَّةِ، وَالْحَنَابِلَةِ، وَبَعْضِ الْمَالِكِيَّةِ - إِلَى أَنَّ التَّرَاوِيحَ عِشْرُونَ رَكْعَةً
Kemudian berangkat jumhur fuqaha dari Hanafiyah, Syafi'iyah, Hanabilah dan sebagian Malikiyah terhadap bahwasanya tarawih adalah 20 rokaat (Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah)

Yang kami sampaikan ini hanya untuk menambah wawasan pengetahuan saja.

Wallaahu A'lam. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas