Cara Menggabung 2 Website Blogger Menjadi 1 - BAITUSSALAM

Cara Menggabung 2 Website Blogger Menjadi 1

Cara menggabung 2 website blogger menjadi 1 adalah merupakan cara yang sebenarnya sudah biasa dilakukan oleh banyak pengguna blogger, termasuk admin. Cara yang akan dijelaskan ini mungkin juga sedang anda butuhkan saat ini.

Berikut ini adalah contoh alasan menggabung 2 website blogger menjadi 1 :
  • Website A yang ingin digabungkan nama domainnya sama dengan nama domain orang lain sekalipun ekstensi domainnya berbeda. Bisa jadi karena anda tidak mau website yang anda kelola kedepannya dikesankan ikut-ikutan atau berteduh dibawah nama besar website orang lain. 
  • Website B yang menerima penggabungan, nama domainnya sangat unik dan lebih potensial untuk dikembangkan. 
Setelah berpikir cukup lama, akhirnya anda memutuskan untuk menggabungkan keduanya. Bagaimana caranya?

Agar setelah digabung tidak mengakibatkan broken link di website A, maka tutorialnya begini :
  • Login ke web/blog A (yang akan digabungkan)
  • Login ke web/blog B (yang akan menerima penggabungan)
Pertahankan untuk tetap bisa akses ke dua dasboard web/blog tersebut.
  • Back Up/Cadangkan Semua Data Web/Blog A. Caranya : Login ke dasboard blog A >> Setelan >> Kelola Blog >> Cadangkan Konten >> Download. Maka selanjutnya komputer akan mendownload file back up dalam format xml (lihat di sudut kiri bawah komputer)
  • Impor Semua Data Web/Blog A ke Web/Blog B Melalui Setelan Blog B. Caranya : Login ke dasboard B >> Setelan >> Kelola Blog >> Impor Konten >> Centang Saya Bukan Robot >> aktifkan tombol publikasi otomatis >> Cari file xml hasil back up dari blog A >> Klik Open. Konten yang diimpor selanjutnya akan digabung dengan konten yang sudah ada, dan hal ini bisa dilihat pada jumlah total postingan.
    Cara-Menggabung-2-Blog-Jadi-1

  • Cek hasil Impor data di Web/Blog B. Periksa semua konten halaman di Blog B. Hapus halaman-halaman : about, contact, disclaimer, TOS, privacy dan sitemap yang berasal dari Web/Blog A yang ditimpa ke Web/Blog B. Karena anda tidak memerlukan itu di Web/Blog B.
  • Redirect Satu Persatu Semua Link Konten Lama di Web/Blog A ke Semua Link Konten Baru di Web/Blog B. Caranya : Login ke dasboard B >> Setelan >> Error dan Pengalihan >> Pengalihan Khusus >> Edit >> Pengalihan Baru >> Masukan link lama konten Web/Blog A pada kolom Dari http:// (masukan selengkapnya) >> Masukan link baru konten Web/Blog B yang dihasilkan setelah melewati proses impor data pada kolom Kepada http:// (masukan selengkapnya) >> Cheklist Permanen >> Simpan >> Simpan Perubahan. Lakukan cara ini untuk link semua konten satu persatu. Lakukan 1000 kali jika semua konten di Web/Blog A berjumlah 1000 konten. Link yang ke 1001 adalah URL Web/Blog A. Bagaimana cara redirect URL Web/Blog A?
  • Redirect URL Web/Blog A ke Web/Blog B. Caranya : Pastekan script ini ke dalam template Web/Blog A 
    <script async='async' src='https://www.gstatic.com/external_hosted/clipboardjs/clipboard.min.js'/>
    <script type='text/javascript'> window.location=&quot; http://www.baitussalam.web.id&quot;; </script>
    tempatkan sebelum kode </head>  jangan lupa untuk mengganti tulisan merah https://www.baitussalam.web.id dengan URL Web/Blog B milik anda.
  • Hapus atau Kembalikan ke draft semua konten yang pernah dipublikasikan di Web/Blog A, agar konten-konten hasil back up yang sudah diimpor dan terpublikasikan di Web/Blog B tidak dianggap duplicate content. 
  • Cek hasil penggabungan. Coba kunjungi URL Web/Blog A dari browser atau klik link artikel Web/Blog A yang pernah dishare. Apakah setelah anda mengklik URL tersebut diredirect ke Web/Blog B atau masih mengunjungi Web/Blog A. Jika anda landing di Web/Blog B berarti berhasil. Jika anda masih landing di Web/Blog A berarti ada yang salah. Kesalahan yang dimungkinkan adalah anda salah menempatkan script di template atau bisa jadi ada script yang terlewat tidak tersalin oleh anda. Perhatikan script dan penempatannya di template Web/Blog A.
Itulah cara menggabung 2 website blogger menjadi 1. Mudah kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas