Hukum Membaca Basmalah Setelah Ta'udz Sebelum Hamdalah Ketika Shalat Menurut Ulama Fiqih 4 Madzhab - BAITUSSALAM

Hukum Membaca Basmalah Setelah Ta'udz Sebelum Hamdalah Ketika Shalat Menurut Ulama Fiqih 4 Madzhab

Hukum membaca basmalah setelah ta'udz sebelum hamdalah ketika shalat menurut ulama fiqih 4 madzhab adalah : wajib menurut syafi'iyah, sunat menurut hanafiyah dan hanabilah, makruh menurut malikiyah jika motivasinya khuruj anil khilaf hukum makruh berubah jadi sunat. Berikut ini adalah penjelasan para ulama tentang perbedaan pendapat imam madzhab mengenai status basmalah :

1) Al-Alamah Asy-Syaikh Ahmad Ash-Shawi Al-Maliki dalam Kitab Hasyiyah Ash-Shawi (yang dikenal dengan sebutan Tafsir Shawi) Hal 5 :
اختلف الأئمة في كون البسملة من الفاتحة وغيرها من السور سوى سورة براءة فذهب الشافعي وجماعة من العلماء الى أنها آية من الفاتحة ومن كل سورة ذكرت في أولها سوى سورة براءة وقال به جماعة من الصحابة وذهب الأوزعي ومالك وأبو حنيفة إلى أن البسملة ليست آية من الفاتحة وزاد أبو داود ولا من غيرها من السور وإنما هي بعض آية في سورة النمل وإنما كتبت للفصل والتبرك قال مالك ويكره استفتاح الصلاة الفرض بها واختلفت الرواية عن أحمد في كونها من الفاتحة أو لا
telah terjadi perbedaan pendapat para imam pada status basmalah termasuk الفاتحة dan selainnya dari surat-surat selain surat براءة Imam Syafii dan segolongan dari para Ulama memberlakukan bahwa sesungguhnya basmalah adalah satu ayat dari الفاتحة dan dari setiap surat dibacakan diawalnya kecuali surat براءة dan segolongan dari shahabat mengatakan itu. Imam Auza'i, Imam Malik dan Imam Abu Hanifah memberlakukan bahwa seungguhnya basmalah bukan satu ayat dari الفاتحة dan Abu Dawud menambahkan dan bukan ayat dari selain الفاتحة dan tentunya basmalah bagian dari salah satu ayat surat النمل dan dituliskan di awal surat sekedar sebagai pemisah surat dan tabarruk. Imam Malik berpendapat dan dimakruhkan membuka shalat fardhu dengan basmalah. Dan berbeda-beda riwayat dari Imam Ahmad tentang status basmalah termasuk الفاتحة atau tidak." (Lihat : Hasyiyah Ash-Shawi Juz 1 Hal 5)

2) Syaikh Abdurrohman Jabir Al-Jazairi dalam Kitab Al-Fiqh Ala Madzahib Al-Arba'ah Jilid 1 Hal 232 :

التسمية في الصلاة
ومنها التسمية في كل ركعة قبل الفاتحة ، بأن يقول : بسم الله الرحمن الرحيم . وهي سنة عند الحنفية والحنابلة . أما الشافعية فيقولون : إنها فرض . والمالكية يقولون : إنها مكروهة وفي كل ذلك تفصيل ذكرناه تحت الخط
.........................
الحنفية قالوا: يسمي الإمام والمنفرد سرا في أول كل ركعة، سواء كانت الصلاة سرية أو جهرية. أما المأموم فإنه لا يسمي طبعا، لأنه لا تجوز له القراءة ما دام مأموما، ويأتي بالتسمية بعد دعاء الافتتاح، وبعد التعوذ، فإذا نسي التعوذ، وسمي قبله، فإنه يعيده ثانيا، ثم يسمي، أما إذا نسي التسمية، وشرع في قراءة الفاتحة، فإنه يستمر، ولا يعيد التسمية على الصحيح أما التسمية بين الفاتحة والسورة، فإن الإتيان بها غير مكروه، ولكن الأولى أن لا يسمي، سواء كانت الصلاة سرية أو جهرية، وليست التسمية من الفاتحة، ولا من كل سورة في الأصح، وإن كانت من القرآن.
المالكية قالوا: يكره الإتيان بالتسمية في الصلاة المفروضة، سواء كانت سرية أو جهرية، الا إذا نوى المصلي الخروج من الخلاف، فيكون الإتيان بها أول الفاتحة سرا مندوبا؛ والجهر بها مكروه في هذه الحالة أما في صلاة النافلة، فإنه يجوز للمصلي أن يأتي بالتسمية عند قراءة الفاتحة.
الشافعية قالوا: البسملة آية من الفاتحة، فالإتيان بها فرض لا سنة، فحكمها حكم الفاتحة في الصلاة السرية أو الجهرية، فعلى المصلي أن يأتي بالتسمية جهرا في الصلاة الجهرية، كما يأتي بالفاتحة جهرا، وإن لم يأت بها بطلت صلاته.
الحنابلة قالوا: التسمية سنة، والمصلي يأتي بها في كل ركعة سرا، وليست آية من الفاتحة، وإذا سمى قبل التعوذ سقط التعوذ، فلا يعود إليه، وكذلك إذا ترك التسمية، وشرع في قراءة الفاتحة، فإنها تسقط، ولا يعود إليها، كما يقول الحنفية
Pembahasan Tasmiyah Dalam Shalat
Dan dari sebagian yang disunatkan adalah tasmiyah pada setiap rakaat sebelum fatihah dengan mushalli mengucapkan : بسم الله الرحمن الرحيم Tasmiyah hukumnya sunat menurut Ulama hanafiyah dan hanabilah. Adapun Syafi’iyah maka mereka berkata : bahwasanya tasmiyah fardhu. Malikiyah mereka berkata : bahwasanya tasmiyah makruh. Dan pada semua itu tafshil. Kami membahasnya di bawah khat.
..............................
Para Ulama Madzhab Hanafi berpendapat : Imam shalat dan munfarid sunat bertasmiyah secara sir (pelan) pada awal setiap raka’at, sama saja status shalatnya shalat sirriyah atau jahriyah. Adapun makmum tidak boleh dia bertasmiyah karena tidak boleh baginya membaca fatihah selama dalam keadaannya sebagai makmum. Dan sunat mendatangkan tasmiyah setelah membaca doa iftitah dan ta’awwudz, jika lupa ta’awwudz dan bertasmiyah sebelumnya maka sesungguhnya dia boleh kembali mengulangi ta’awwudz untuk kedua kalinya, kemudian bertasmiyah. Adapun jika lupa tasmiyah dan sudah syuru’ pada bacaan fatihah maka sesungguhnya dia harus istimror dan jangan kembali ke tasmiyah menurut qaol shahih. Adapun bertasmiyah antara fatihah dan surat setelahnya maka mendatangkannya tidak makruh, akan tetapi yang lebih utama adalah tidak bertasmiyah, sama saja status shalatnya shalat sirriyah atau jahriyah, dan tasmiyah bukan termasuk surat fatihah. Dan tidak termasuk dari setiap surat menurut qaol yang lebih shahih. Sekalipun fakta tasmiyah termasuk dari Al-Qur’an.
Para Ulama Madzhab Maliki berpendapat : Dimakruhkan mendatangkan tasmiyah dalam shalat fardhiyah, sama saja status shalat tersebut siriyah atau jahriyah, kecuali jika mushalli berniat khuruj minal khilaf, maka mendatangkan tasmiyah di awal surat fatihah secara sir menjadi disunatkan. Menjahrkan bacaan tasmiyah hukumnya makruh pada situasi ini. Adapun pada shalat sunat maka itu boleh bagi mushalli mendatangkan tasmiyah ketika membaca fatihah.
Para Ulama Madzhab Syafii berpendapat : basmalah adalah salah satu ayat dari surat Alfatihah, maka mendatangkannya fardhu bukan sunat, maka hukumnya sebagaimana hokum mendatangkan fatihah pada shalat baik sirriyah maupun jahriyah. Maka mesti kepada mushalli untuk mendatangkan tasmiyah secara jahr pada shalat jahr sebagaimana mesti mendatangkan fatihah secara jahr pada shalat jahriyah. Apabila tidak mendatangkan tasmiyah maka batal shalatnya.
Para Ulama madzhab Imam Ahmad berpendapat : tasmiyah hukumnya sunat, dan mushalli sunat mendatangkannya pada setiap rakaat secara sir. Dan bukan termasuk salah satu ayat dari surat fatihah. Apabila bertasmiyah sebelum ta’awwudz maka gugurlah kesunnatan membaca ta’awwudz, maka tidak boleh kembali untuk membaca ta’awwudz, begitu juga apabila meninggalkan tasmiyah dan syuru’ pada bacaan fatihah maka sesungguhnya kesunatan membaca tasmiyah gugur, maka tidak boleh kembali untuk membaca tasmiyah sebagaimana pendapat para ulama hanafiyah. (Lihat : Al-Fiqh Ala Madzahib Al-Arba'ah Jilid 1 Hal 232)

3) Syaikh Nawawi Al Jawi dalam kitab Nihayah Al-Zain Hal 60 :
وتجب الفاتحة مع قراءة بسملة فانها آية والحمد لله رب العالمين إلى آخرها ست آيات فالجملة سبع آيات
Dan wajib membaca Surat Al-Fatihah beserta bacaan بسم الله الرحمن الرحيم karena sesungguhnya بسم الله الرحمن الرحيم adalah satu ayat dan الحمد لله رب العالمين s/d akhir Surat Al-Fatihah adalah 6 ayat. Maka jumlah menjadi 7 ayat. (Lihat : Nihayah Al-Zain Hal 60)

4) Syaikh Abi Suja' Ahmad bin Hasan al-Ashfahani dalam Kitab Taqrib Hal 13 :
وبسم الله الرحمن الرحيم آية منها
dan بسم الله الرحمن الرحيم adalah satu ayat dari surat alfatihah (Lihat : At-Taqrib Hal 13)

5) Syaikh Muhammad bin Qasim al-Ghazi dalam kitab Fath al-Qarib al-Mujib Hal 13 :
كاملة
1 ayat yang sempurna dari surat al-Fatihah (Lihat : Fath al-Qarib al-Mujib Hal 13)

Pembahasan fiqih 4 madzhab ini hanya sebatas kajian yang diarsipkan saja, karena semuanya benar.  Namun sekalipun produk ijtihad 4 madzhab tersebut semuanya benar, dalam hal pengamalannya kita diajarkan untuk tetap konsisten berafiliasi ke satu madzhab (istilah yang lebih ilmiah : iltizam & ta'yin) sebagaimana ditegaskan oleh para ulama, antara lain oleh Sayid 'Alawi ibn Ahmad As-Saqofi dalam kitab Majmū'ah Sab‛ah Kutubin Mufīdah :
وَاعْلَمْ أَنَّهُ لَابد لِلْمُكَلَّفِ غَيْرِ الْمُجْتَهِدِ الْمُطْلَقِ مِنْ اِلْتِزَامِ التَّقْلِيْدِ لِمَذْهَبٍ مُعَيَّنٍ مِنْ مَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ
"ketahuilah! bahwasanya tidak boleh tidak kepada mukallaf selain mujtahid muthlaq untuk iltizam taqlid terhadap madzhab yang dita'yin dari salah satu madzhab yang 4 : Madzhab Imam Hanafi, Madzhab Imam Maliki, Madzhab Imam Syafi'i, Madzhab Imam Hanbali" (Lihat : Majmu'ah Sab'ah Kutubin Mufidah Hal 59)

Wallaahu A'lam.

Daftar Pustaka
al-Shāwi, Syaikh Ahmad. Hasyiyah al-‛Alāmah al-Shāwi ‛alā Tafsīr al-Jalālain. Toha Putra
Al-Jazairi, Syaikh Abdurrahman Jabir. Al-Fiqh Ala Madzahib Al-Arba'ah. Maktabah Syamilah.
Al-Ghazzi, Syaikh Ibnu Qasim. Fath Al-Qarib Al-Mujib. Syirkah An-Nur Asia. 
al-Saqāfi, Sayid 'Alawi ibn Ahmad. Majmū'ah Sab‛ah Kutubin Mufīdah. Haromain.
Al-Bantani, Syaikh Muhammad Nawawi. Nihayah Az-Zain. Toha Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas