Cara Memindahkan Domain Blog Beradsense - BAITUSSALAM

Cara Memindahkan Domain Blog Beradsense

Artikel Ini Membahas Secara Lengkap Tutorial Cara Memindahkan Domain Blog Beradsense (Sudah Diterima Menjadi Publisher Iklan Google Adsense) di Blogger.com

Contoh kasus : 

Anda ingin memindahkan domain yang selama ini hosted di A.blogspot.com ke B.blogspot.com.

Masalahnya adalah domain anda sudah beradsense (sudah jadi publisher adsense) pada kondisi masih hosted di A.blogspot.com, jadi anda harus berhati-hati memproses step by stepnya, agar setelah diproses pemindahannya tidak mengakibatkan domain anda diharuskan mengajukan kembali peninjauan kelayakan untuk mengikuti program periklanan google adsense. Seperti itu contoh kasusnya.

Jika anda memiliki kekhawatiran seperti itu, sangatlah wajar. Karena konon kabarnya untuk sekedar diterima menjadi publisher adsense saja, banyak blogger harus berjuang. Eh, ini setelah diterima malah mau pindah rumah. Pindah rumah sebenarnya bukan perkara yang dilarang, hanya saja kecerobohan pada proses pemindahan bisa saja berujung pada salah satu dari 4 hal berikut ini : 
  1. Menurunkan performa blog di search engine. 
  2. Banyak halaman erorr 404 
  3. Mempengaruhi penilaian kelayakan mengikuti program-program periklanan (termasuk adsense) karena dinilai sebagai blog yang inkonsisten
  4. Bahkan tidak menutup kemungkinan berujung pada banned sebagai sanksi karena dinilai indisipliner 
Nah, bagaimana cara memindahkan domain blog yang sudah beradsense tersebut dengan baik agar selamat dari 4 hal tersebut di atas? Ada 6 Step yang harus dilalui, yaitu :

Step 1 - Pelepasan Sementara Kode Iklan Adsense Saat Domain Masih Hosted di A.Blogspot

  • Login ke dasboard google adsense. Nonaktifkan iklan otomatis, jika sebelumnya anda mengaktifkan iklan otomatis.
  • Hapus terlebih dahulu semua kode iklan yang disisipkan di semua widget. Proses ini dilakukan di menu layout/tata letak dasboard blogger. 
  • Hapus kode verifikasi iklan dari template saat ini di A.blogspot yang biasa disisipkan setelah <head> sebelum </head>
    Cara-Memindahkan-Domain-Blog-Beradsense
  • Biarkan domain pada kondisi tidak ngadsense untuk sementara waktu. Biarkan pada kondisi ini sekitar 1 x 24 jam.
Mengawali proses pemindahan dengan melepaskan kode iklan adsense menjadi sangat penting pada domain blog jenis ini agar perubahan yang terjadi tidak berlangsung pada momentum blog sedang ngadsense. Sehingga apapun perubahan pada blog tidak terjadi pada sesi dimana blog sedang dirayapi bot adsense. Sehingga meminimalisir kemungkinan berujung pada penilaian bot bahwa blog anda telah mengalami suatu kondisi yang tidak disukai bos adsense, atau dinilai indisipliner.

Urutan point 1 2 3 ini sebaiknya tidak dibalik, ini  untuk menghentikan keikutsertaan program periklanan sementara waktu secara dinamis, "santai dan santuy".
saya masih ingat dulu sekitar tahun 2009 waktu masih belajar ngetik komputer dan ngprint kertas : "Jangan menarik kertas ketika printer sedang print out, karena itu ibarat teman anda sedang asyik makan bakso kemudian anda menarik sendok dari mulutnya, teman anda bisa ngamuk kemudian menciptakan sebuah piring terbang dan melemparnya ke muka anda". Begitu juga blog dengan advertisementnya.

Step 2 - Back Up Data Blog Saat Domain Masih Hosted di A.Blogspot

  • Back up data blog saat domain masih hosted di A.Blogspot ke perangkat komputer/laptop. Simpan data hasil back up dan jangan langsung diimpor ke B.Blogspot, Simpan saja dulu..
  • Copy semua Link/URL artikel, sebagai antisifasi jika nantinya proses redirect manual one by one diperlukan. Tapi jika anda melakukannya sesuai dengan urutan tutorial ini, insya Allah redirect one by one nantinya tidak diperlukan lagi karena nantinya URL domain blog di B.Blogspot akan sama dengan URL domain saat di A.Blogspot. Oleh karena itu proses back up data harus dilakukan pada saat domain masih ngeblog di A.Blogspot dan data hasil back up nya tidak boleh diimpor ke B.Blogspot sebelum B.Blogspot resmi jadi rumah baru domain anda.
  • Copy Html Template blog saat domain masih hosted di A.Blogspot (Pastikan Html yang dicopy tanpa kode adsense) Simpan di komputer/laptop, karena anda akan membutuhkannya nanti.

Step 3 - Pelepasan Domain Custom Dari A.Blogspot

  • Hapus atau Draftkan (Hapus lebih baik) semua konten A.Blogspot pada kondisi A.Blogspot masih ber-Domain Custom. Tujuannya adalah agar ketika domain custom dilepas dari A.Blogspot, URL semua konten tidak terupdate ke URL blogspotnya, karena itu akan mengakibatkan konten terduplikasi ke URL yang beda dengan URL sewaktu masih berdomain custom. Ini akan menjadi URL tandingan untuk URL yang diback up dan akan diimpor nantinya saat Domain sudah ngostum di B.Blogspot
  • Jangan hapus URL apapun di webmaster tool, karena URL Artikel akan tetap sama dengan yang pernah disubmitkan ke webmaster tool. Pastikan semua tidak ada yang berubah di webmaster tool. Ini penting diingatkan, karena di luar sana banyak blogger yang menyarankan penghapusan URL di webmaster tool, padahal hal itu tidak sejalan dengan tutorial migrasi kita kali ini. 
  • Login ke DNS Management Webhosting atau registrar, Hapus Cname 2
  • Lepaskan Domain dari A.Blogspot. Nah, sekarang A.Blogspot sudah tidak berdomain custom lagi, sudah menjadi sebuah blog berjudul seperti domain tapi dengan URL https://a.blogspot.com.  
  • Ganti judul blog menjadi ABLOGSPOT atau nama lain yang tidak sama dengan domain.
  • Ganti template A.Blogspot dengan template default bawaan blogger.com yang klasik.
  • Tidak perlu mengganti atau menyisipkan kode redirect di template klasik, untuk saat ini. Anda mau redirect kemana? Domain anda kan belum ngeblog. Redirect atau pengalihan dilakukan hanya jika diperlukan dan itu belum diperlukan saat ini.
  • Biarkan Domain tanpa blog sementara waktu. Sekitar 1 x 24 Jam.

Step 4 - Proses Custom Domain ke B.Blogspot

  • Login ke B.Blogspot. Sebaiknya B.Blogspot ini bukan .Blogspot yang baru dibuat, melainkan .Blogspot yang sudah berumur. Tujuannya adalah agar baik domain maupun .Blogspot yang dijadikan rumahnya sudah sama-sama tidak termasuk kategori masih baby. (kurang dari 6 bulan)
  • Pastikan B.Blogspot kosong tanpa konten apapun.
  • Mari mulai proses custom domainnya dengan mengganti Judul Blog dan deskripsi yang sesuai dengan nama domain yang akan dicustomkan. 
  • Ganti URL B.Blogspot dengan URL domain custom untuk mendapatkan cname baru. 
  • Login ke member area webhosting atau registrar untuk menyesuaikan cname baru dan 4 A record di DNS Management. Cara ini adalah Cara yang biasa kita lakukan untuk menyambungkan domain baru ke blogspot (Custom Domain Blogspot) Pada tutorial ini sebenarnya anda hanya perlu mengganti cname 2 nya saja, karena cname 1 (www dan ghs.google.com) dan 4 A Record tidak perlu diupdate.

Step 5 - Penyesuaian Data & Tampilan Web/Blog

  • Buka Edit Html Template dan pastekan html template web/blog sewaktu domain masih hosted di .Blogspot A. (Pastikan tanpa kode verifikasi publisher adsense) Jadi templatenya template yang seperti sebelum proses pindah/migrasi dari A.Blogspot ke B.Blogspot
  • Impor Data hasil Back Up. Jika URL artikelnya pendek-pendek, langsung publish saja semuanya. Jika URL artikelnya panjang-panjang, lebih baik tidak cheklist otomatis publish karena biasanya artikel yang URLnya panjang perlu dicustom terlebih dahulu sebelum dipublish.
  • Cek semua URL. Jika anda mengikuti urutan tutorial ini sejak awal, kemudian menemukan ada URL yang 404, maka letak kesalahannya bukan pada tutorial, melainkan pada proses publish otomatis sewaktu impor data (jika anda cheklist otomatis). Biasanya URL panjang akan terpotong menjadi 5 kata. 
  • Lakukan redirect/pengalihan jika itu diperlukan.
  • Submitkan lagi semua URL ke webmaster tool, sekalipun URL tidak berubah. Terutama sitemap.xml

Step 6 - Pemasangan Kode Iklan Adsense

  • Biarkan web/blog tidak dipasang kode adsense selama 7 x 24 Jam
  • Selama 7 x 24 Jam pastikan tidak ada kendala pada URL dan hal-hal lainnya yang merupakan bagian dari upaya penyesuaian mengembalikan keberadaan web/blog pada kondisi layak ngadsense sebagaimana sebelum dipindahkan.
  • Pasang kode verifikasi publisher adsense pada template di bawah <head> sebelum </head>
  • Sebagai uji coba ngiklan, gunakan terlebih dahulu iklan otomatis......

Selesai 

Begitulah Tutorial Cara Memindahkan Domain Blog Beradsense di Blogger.com. Sebenarnya iklan adsense di baitussalam.web.id hanya sebatas pemanis saja bukan merupakan sesuatu yang diprioritaskan. Lagipula tujuan kami mengelola baitussalam.web.id bukan untuk menarik income dari ngadsense.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas