Cara Mengembalikan Domain Custom Blogger ke Subdomain Blogspot - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Selasa, 13 Juli 2021

Cara Mengembalikan Domain Custom Blogger ke Subdomain Blogspot

Mengembalikan domain custom blogger (contoh https://www.baitussalam.web.id) ke subdomain blogspot (contoh https://yayasanbaitussalamsukapala.blogspot.com) merupakan solusi terakhir bagi anda yang tidak mampu atau tidak mau membayar biaya perpanjangan domain custom ke registrar.

Alasan lain yang memungkinkan kita mengambil solusi ini antara lain :
  • Merasa lebih enjoy menggunakan url https://subdomain.blogspot.com
  • Ingin menggantinya dengan domain lain.
  • Ada maksud untuk memindahkan domain (bukan blognya) ke blog lain
  • Melakukan pengujian performa dengan cara memperbandingkan antara penggunaan subdomain blogspot dengan domain custom blogger
  • Dan lain sebagainya
Sebenarnya cara ini sudah sangat sering admin lakukan pada beberapa blog pribadi dengan tujuan yang berbeda-beda. Salah satu di antaranya adalah untuk proses pembuatan website baru dengan memanfaatkan domain bekas dan hosting bekas.

Bagaimana cara mengembalikannya? Caranya sangat mudah. Silahkan ikuti tutorial berikut ini. Ada beberapa langkah pada tutorial ini yang harus dilakukan, yaitu :
  1. Melakukan back up konten blog domain custom. Back up ini penting dilakukan ketika blog masih dalam kondisi berdomain custom. Tujuan back up konten ini bukan semata untuk mengantisifasi erorr yang dimungkinkan terjadi saja, melainkan untuk sesuatu yang mungkin belum terpikirkan oleh anda mengenai betapa pentingnya anda memiliki file back up konten yang diback up pada saat blog masih berdomain custom. Simpan saja, suatu hari nanti pada momentum tertentu anda akan sangat membutuhkan file tersebut. Bagaimana cara back up konten di blogger? Caranya, ikuti alur settingan blogger ini : dasboard admin blogger >> setelan >> lainnya >> impor & cadangkan >> cadangkan konten >> simpan (untuk download)
  2. Mengembalikan domain custom ke subdomain blogspot. Caranya : dasboard admin blogger >> setelan >> dasar >> publikasi >> alamat blog >> klik tanda silang pada nama domain custom.
    Tutorial Cara Mengembalikan Domain Custom Blogger ke Subdomain Blogspot
    Klik Tanda Silang (X) Pada Nama Domain Custom - Tutorial Cara Mengembalikan Domain Custom Blogger ke Subdomain Blogspot
    Cara ini untuk melepaskan domain custom dari blog dan otomatis cara ini akan mengaktifkan kembali subdomain blogspot. Sampai langkah ini blog sudah berganti url menjadi seperti https://yayasanbaitussalamsukapala.blogspot.com, tapi judul blog masih judul lama. 
  3. Mengganti judul blog. Caranya : lihat di atas menu publikasi ada menu judul blog, ganti dengan judul yang sesuai dengan judul baru. contoh : Yayasan Baitussalam Sukapala
  4. Melakukan pengecekan url blog. caranya : Ketik saja urlnya di browser. Sampai tahap ini, urusan blog sudah beres. Tapi urusan domain belum beres.
  5. Mengembalikan name server domain custom ke kondisi default. Langkah ini dilakukan jika domain custom akan diistirahatkan tanpa ngeblog di blogger. Jika anda bermaksud untuk menetapkannya di blogger lagi, lewati tahap ini.
Jika setelah mengembalikan domain custom ke subdomain blogspot anda merasa perlu mengembalikannya lagi ke level domain custom, anda bisa membaca artikel tentang cara menyambungkan domain baru ke blogspot. Tutorial cara menyambungkan domain yang dijelaskan pada artikel tersebut sangat cocok untuk proses pengembalian pada kasus ini, karena name server domain sama-sama berada pada kondisi default di registrar domain atau webhosting.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas