Hukum Menunaikan Shalat Id 4 Madzhab - BAITUSSALAM

Hukum Menunaikan Shalat Id 4 Madzhab

Berikut ini adalah Hukum Menunaikan Shalat Id 4 Madzhab : Syafi'i, Maliki, Hanafi, Hanbali. Berdasarkan penjelasan dalam Kitab Fiqih Madzhab Syafi'i dan Kitab Fiqih Perbandingan 4 Madzhab :

Menurut Syafi'iyah

صلاة العيدين
تعريف: العيد مشتق من العَوْد، وهو الرجوع والمعاودة. وسمي بذلك لتكرره في كل عام. حكمها: هي سنة مؤكدة لمواظبة الرسول صلى الله عليه وسلم عليها ويكره تركها

Shalat Idul Fithri & Idul Adha
Pengertian : kata الْعِيْدُ dimustaq dari kata الْعَوْدُ yang artinya pengembalian dan pengulangan. Dinamakan dengan itu karena berulang itu pada setiap tahun.
Hukumnya : Shalat id adalah Sunat Mu'akkadah, karena membiasakannya Rasulullah SAW terhadap shalat tersebut. Dan dimakruhkan meninggalkannya.
[Syaikhah Daryah Al-Aithah, Fiqh Al-Ibadah Ala Madzhab Asy-Syafi'i Jilid 1 Halaman 362 - Diterjemahkan oleh : Cucu Anwar Mubarok]

Perbandingan Madzhab Syafi'i, Maliki, Hanafi dan Hanbali

اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي حُكْمِ صَلاَةِ الْعِيدِ. فَذَهَبَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ إِلَى أَنَّهَا سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ، لِحَدِيثِ الأَْعْرَابِيِّ الَّذِي ذَكَرَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ فَقَال: هَل عَلَيَّ غَيْرُهُنَّ؟ قَال: " لاَ، إِلاَّ أَنْ تَطَّوَّعَ " (3) وَذَلِكَ مَعَ فِعْل النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَهَا وَمُدَاوَمَتِهِ عَلَيْهَا.
----------------------
(3) حديث الأعرابي الذي ذكر له النبي - صلى الله عليه وسلم - الصلوات الخمس. . . " "،. أخرجه البخاري (فتح الباري 1 / 106) ومسلم (1 / 41) من حديث طلحة بن عبيد الله

وَذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ - عَلَى الْمُفْتَى بِهِ عِنْدَهُمْ - إِلَى أَنَّهَا وَاجِبَةٌ، لِمُوَاظَبَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهَا مِنْ دُونِ تَرْكِهَا وَلَوْ مَرَّةً؛ وَلأَِنَّهَا تُؤَدَّى بِجَمَاعَةٍ، فَلَوْ كَانَتْ سُنَّةً وَلَمْ تَكُنْ وَاجِبَةً لاَسْتَثْنَاهَا الشَّارِعُ، كَمَا اسْتَثْنَى التَّرَاوِيحَ وَصَلاَةَ الْخُسُوفِ.

وَذَهَبَ الْحَنَابِلَةُ إِلَى أَنَّهَا فَرْضُ كِفَايَةٍ لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {فَصَل لِرَبِّكَ وَانْحَرْ} (1) وَلِمُدَاوَمَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى فِعْلِهَا (2)

----------------------------

(1) سورة الكوثر / 2.
(2) بدائع الصنائع 1 / 274، جواهر الإكليل 1 / 101، المجموع 5 / 3، والمغني لابن قدامة 2 / 304

Telah terjadi ikhtilaf fuqaha perihal hukum Shalat Id. Kemudian bermadzhab Malikiyah & Syafi'iyah terhadap bahwasanya shalat id adalah sunnat mu'akkadah. Karena adanya Hadits yang diriwayatkan dari Sahabat A'roby yang telah menuturkan Nabi SAW baginya perihal shalat 5 waktu, kemudian dia bertanya : "apakah wajib kepadaku selain shalat 5 waktu?", Rasulullah Menjawab : "tidak, kecuali tathawwu (sunat)". (3) Dan itu beserta adanya perbuatan Nabi SAW terhadap shalat id serta pen-dawam-an Beliau terhadap shalat id.
________________
(3) Hadits A'robi الذي ذكر له النبي - صلى الله عليه وسلم - الصلوات الخمس الخ telah mengeluarkannya Imam Al-Bukhari (Fath Al-Bari Jilid 1 Halaman 106) Imam Muslim (Jilid 1 Halaman 41) dari Hadits yang diriwayatkan Thalhah bin Ubaidillah

Dan bermadzhab Hanafiyah - berdasarkan yang fatwakan di kalangan mereka - terhadap bahwasanya shalat id adalah wajibah. Karena pembiasaan Nabi SAW terhadap shalat id tanpa meninggalkannya walaupun hanya sekali. Dan karena bahwasanya shalat id ditunaikan secara berjamaah, karena jika terbukti itu sunat, maka yakin syari' (dalam hal ini syari' dimaksud adalah Nabi SAW) mengecualikan pemberjamaahannya sebagaimana syari' telah mengecualikan tarawih dan shalat khusuf.
Dan bermadzhab Hanabilah terhadap bahwasanya shalat id adalah Fardhu Kifayah karena ada Firman Allah SWT : 
فصل لربك وانحر
Dan karena mendawamkannya Nabi SAW terhadap pelaksanaan shalat id
________________
(1) Surat Al-Kautsar Ayat 2
(2) Bada'i'u Ash-Shana'i Jilid 1 Halaman 274, Jawahir Al-Iklil Jilid 1 Halaman 101, Al-Majmu Jilid 5 Halaman 3, Al-Mughni Li Ibn Qudamah Jilid 2 Halaman 304

[Majmu'ah min Mu'allifin, Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah Jilid 31 Halaman 14 - Diterjemahkan oleh : Cucu Anwar Mubarok]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas