Domain Bekas + Hosting Bekas = Website Baru - BAITUSSALAM

Domain Bekas + Hosting Bekas = Website Baru

Untuk memiliki website di wordpress self hosting, kita membutuhkan domain dan paket hosting. Untuk memiliki keduanya kita butuh biaya. Untuk meminimalisir anggaran anda bisa membuatnya dengan hanya bermodalkan domain bekas pakai dan hosting bekas pakai. 

Jika anda berencana membuat website baru dengan modal domain bekas + hosting bekas, anda bisa mencoba tutorial ini.

Prosesnya hampir sama dengan proses memindahkan blog dari blogger ke wordpress.

Sebelum melakukan cara ini, anda sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu kepada webhosting tempat paket hosting, untuk mengisi paket hosting bekas tersebut dengan domain lain yang ada di blogger dan diregistrasi di webhosting berbeda.

Berikut ini adalah tutorial cara membuat website baru di wordpress dengan memanfaatkan domain bekas dan paket hosting bekas :
  1. Minta izin dulu kepada customer service webhosting tempat paket hosting, sekalian minta dibantu untuk prosesnya. Komunikasikan dengan baik, jangan melakukan cara ini dengan sembunyi-sembunyi. Sekalipun kita memiliki hak untuk melakukannya, karena keduanya memang milik kita.
  2. Reset hosting atau cukup uninstall wordpress dari domain lama yang expired. Caranya : Member area >> Layanan >> hosting >> cpanel >> wordpress management >> hapus instalasi wordpress
    Domain-Bekas-Hosting-Bekas-Website-Baru
  3. Update arah name server domain di DNS Management webhosting tempat registrasi domain bekas yang akan mengganti. Caranya : member area webhosting >> Domain >> DNS Management >> Name server. Ubah arahnya ke server webhosting tempat paket hosting.
  4. Hapus/putuskan hubungan domain dari blogger dengan mengklik tanda silang (x) dari setelan dasar admin di blogger. Caranya : dasboard blogger >> setelan >> dasar >> publikasi >> alamat >> klik tanda silang pada domain customnya.
    klik-tanda-silang-pada-domain-customnya
  5. Ubah domain paket hosting pada pengaturan pengelolaan hosting. Karena domain sebelumnya sudah expired dan instalasi wordpressnya sudah dihapus/uninstall, maka tidak sulit mengubahnya dengan domain pengganti. Setelah melakukan langkah ini, biarkan terlebih dahulu selama 1 hari agar langkah berikutnya tidak terlalu dipaksakan. Hal ini berkaitan dengan durasi proses propagasi dan pemutusan hubungan domain dengan host sebelumnya yaitu blogger. ini sekedar antisifasi saja, jangan sampai tergesa-gesa yang bisa mengakibatkan kegagalan di langkah berikutnya. Gambar di bawah ini adalah sreenshoot setelah pengubahan domain paket hosting berhasil dilakukan.
    pengubahan-domain-paket-hosting
  6. Install wordpress untuk website baru dengan domain baru tapi bekas di wordpress management 😁
    Install-wordpress-untuk-website-baru-dengan-domain-baru-tapi-bekas-di-wordpress-management
    setelah terinstall. tombol off biarkan tetap off
    tombol-off-biarkan-tetap-off
  7. Kunjungi website baru dengan klik tanda panah kecil yang ada di samping tombol off pada gambar di atas, atau ketik http://domainanda/wp-admin di browser
  8. Selesai.
Sekarang website baru anda sudah online di wordpress dengan menggunakan domain bekas + paket hosting bekas. Mudah kan? lebih mudah daripada ngagoreng sangu. Cara ini lebih baik daripada membeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas