Mengatasi Perbedaan Struktur Permalink Wordpress & Blogger - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Rabu, 21 Juli 2021

Mengatasi Perbedaan Struktur Permalink Wordpress & Blogger

Mengatasi perbedaan struktur permalink wordpress & blogger adalah hal paling penting yang harus anda lakukan pada tahapan memindahkan blog dari blogger ke wordpress agar semua URL yang pernah anda ciptakan di blogger tidak menjadi link erorr 404

Dalam hal ini yang dikostum adalah permalink wordpress, bukan permalink blogger, karena permalink blogger itu tidak bisa dirubah, sedangkan di wordpress ada banyak opsi yang bisa dipilih dan bahkan bisa dikostum sesuka hati pemiliknya. 

Nah, pilihlah atau kostumlah strukturnya agar sesuai dengan struktur sewaktu domain anda masih ngeblog di blogger...

Penyamaan struktur permalink wordpress dengan blogger juga penting pada blog baru yang mulai dibangun di wordpress, tapi ada rencana suatu hari nanti akan dipindahkan ke blogger. Jadi penyamaan struktur keduanya sangat baik jika dilakukan sejak dini.

Struktur permalink blogger adalah https://www.domain.web.id/tahun/bulan/post-name. Berarti jika domain dipindahkan ke wordress maka ada 2 komponen permalink yang harus disamakan, yaitu : me-www-kan url utama dan menampilkan tahun/bulan/post-name

1).URL utama harus ber-www. 

Umumnya URL web/blog yang hosted di blogger, ber-www. Umumnya URL web/blog yang hosted di wordpress, tanpa www. Nah, samakan jadi ber-www! 

Cara me-www-kan URL utama ini bisa dilakukan secara langsung melalui menu pengaturan umum (setting >> general)

Ubah-dari-asalnya-tanpa-www-menjadi-ber-www

Langsung saja diubah disana, tidak perlu dari CPanel. Ubah dari asalnya https://namadomain.web.id menjadi https://www.namadomain.web.id kemudian klik save.

Setelah saving mode, anda akan diminta login lagi ke wordpress dengan memasukan alamat email atau nama pengguna dan password wordpress anda. tentu saja, karena alamat sekarang sudah berubah. Selesai

2).Permalink harus menampilkan tahun/bulan/nama-judul-artikel-alias-post-name

Untuk memilih atau mengkostum struktur bulan dan nama, anda bisa melakukannya melalui pengaturan permalink (setting >> permalink) di dasboard admin wordpress.

Untuk melakukan cara ini yang perlu anda lakukan hanya memilih salah satu opsi atau mengkostumnya secara langsung sehingga nantinya struktur permalink wordpress akan tersuai menjadi sama dengan blogger. Kemudian klik save. Selesai.

Kedua cara ini harus dilakukan sebelum anda mengimpor data blog hasil back up, agar tidak 404. tapi ada baiknya sebelumnya anda sudah mengubah dari http ke https agar perubahan struktur terjadi dalam kondisi blog sudah secure. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas