Error-Error Saat Ganti Domain & Cara Mengatasinya - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Selasa, 20 Juli 2021

Error-Error Saat Ganti Domain & Cara Mengatasinya

Inti dari progres mengganti domain blogger adalah proses menyambungkannya dari DNS Management ke dasboard admin di blogger. Nah, saat itu dilakukan, biasanya website menjadi error. Akan tetapi error-error tersebut ada error yang normal terjadi pada proses ini, ada juga yang tidak normal dan bahkan sangat perlu segera diatasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis error yang biasa terjadi saat mengganti domain blogger beserta penyebab dan cara mengatasinya :

  1. Error domain tidak bisa nyambung saat pertama kali disambungkan ke blogger.com.
    Error-domain-tidak-bisa-nyambung-saat-pertama-kali-disambungkan-ke-blogger

    Jenis error pertama ini sangat normal terjadi, karena domain belum mengarah ke blogger. Cara mengatasinya adalah dengan : mengarahkan name server domain (jika domain anda baru, cara ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena secara default biasanya sudah mengarah ke arah yang tepat yaitu webhosting tersebut) >> kemudian menambahkan 4 A Record (216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21) dan menambahkan CNAME yang diberikan blogger saat ini terjadi (www berpasangan dengan ghs google.com dan sepasang kode unik)
  2. Error domain tetap tidak bisa nyambung setelah anda mengubah arah name server, menambahkan 2 CNAME dan 4 A Record. Error ini tidak boleh terjadi dan harus segera diatasi. Penyebabnya mungkin karena anda melakukan kesalahan saat menentukan arah name server (ini sangat mungkin bisa terjadi pada kondisi domain pernah digunakan sebelumnya untuk ngeblog di wordpress pada paket hosting yang webhostingnya berbeda, kemudian anda belum mengembalikan arahnya pada kondisi default yaitu server webhosting tempat DNS Management berada) atau salah menambahkan 2 CNAME (perhatikan pasangannya jangan sampai tertukar) atau salah menambahkan A Record (perhatikan angka 32 34 36 38 pada keempat A Record, siapa tau ada salah angka)
  3. Error blog tidak bisa diakses setelah domain diganti. Penyebabnya adalah karena anda belum merefresh halaman, sehingga link yang tersisip pada tulisan lihat blog adalah link yang menuju pada situs dengan URL lama. Cukup diatasi dengan merefresh halaman dasboard dan klik lihat blog sekali lagi.

Itulah cara mengatasi Erorr saat mengganti domain blogger. Jika semua cara mengatasi yang sudah dijelaskan tidak berhasil, berarti ada masalah lain pada domainnya. Hubungi customer service webhosting dan jelaskan bahwa ada masalah serius pada domain yang sudah anda beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas