2 Cara Membuat Subdomain di Blogger - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Minggu, 20 Juni 2021

2 Cara Membuat Subdomain di Blogger

2 cara membuat subdomain di blogger ini, baik cara yang kesatu maupun cara yang kedua sama-sama dimaksudkan untuk menghasilkan satu cabang website (blog) baru dengan url https://subdomain.domainutama.com yang merupakan cabang dari website (blog) dengan url https://www.domainutama.com.

Ini bisa menghemat biaya, karena biasanya untuk membuat website baru, orang akan membeli domain dan hosting baru. Sementara untuk biaya pendaftaran dan perpanjangan keduanya, lumayan mahal jika website yang dimiliki lebih dari satu.

Padahal dengan satu domain utama saja, kita bisa membuat banyak website dengan memanfaatkan strategi penggunaan subdomain.

Keuntungan lainnya dari penggunaan subdomain adalah bahwa dengan dibuatnya subdomain akan menghasilkan kesan menarik terhadap domain utama.

Domain utama akan tampak lebih profesional dan terkesan website kelas kakap. Sekalipun secara SEO hal itu tidak terlalu mempengaruhi.

Jika anda ingin mencoba untuk membuatnya, silahkan ikuti tutorialnya.

Persiapan

Semua Domain TLD bisa dibuatkan subdomain. Jadi yang bisa dibuatkan itu bukan hanya yang berakhiran .com saja, melainkan .net, .id, .xyz, .store, bahkan https://baitussalam.web.id juga bisa dibuatkan subdomainnya, misalnya :
  • https://ra.baitussalam.web.id
  • https://tpq.baitussalam.web.id
  • https://dta.baitussalam.web.id
  • https://mi.baitussalam.web.id
  • https://sdit.baitussalam.web.id
  • https://ponpes.baitussalam.web.id
  • https://dkm.baitussalam.web.id
  • https://majelista'lim.baitussalam.web.id
  • https://irema.baitussalam.web.id
  • https://masjid.baitussalam.web.i
  • https://toko.baitussalam.web.id
  • https://santri.baitussalam.web.id
  • https://yayasan.baitussalam.web.id
  • dan lain sebagainya
Nah, sebagai objek percobaan pada tutorial ini, saya akan membuat https://blog.satujuta.store sebagai sub (cabang) dari https://www.satujuta.store. 

Sebagai persiapan, yang dibutuhkan adalah : 
  • Memiliki akun blogspot dengan domain berbayar  (https://www.satujuta.store) yang nantinya akan dijadikan sebagai domain utama
  • Akses ke akun blogspot dengan domain gratisan. (contoh : https://worldmonetize.blogspot.com) yang nantinya akan diubah menjadi subdomain 
  • Akses ke DNS Management yang berada di webhosting tempat domain utama didaftarkan (yaitu DNS Management Webhosting Hostinger)
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Cara Kesatu :

  1. Dapatkan CNAME. Caranya : Masuk ke akun blogspot dengan domain blogspot gratisan, yaitu https://worldmonetize.blogspot.com >> setelan >> Publikasi >> kemudian klik siapkan URL pihak ketiga seperti pada gambar di bawah
    cara-subdomain-blogger
    Kemudian masukan nama subdomain.domainutama.store yang diinginkan (pada contoh tutorial ini, saya memasukan nama blog.satujuta.store) dan klik simpan
    blog-satujuta
    Kemudian kita akan mendapatkan 2 pasang CNAME : pasangan CNAME 1 adalah yang saya coret dengan warna hijau, sedangkan pasangan CNAME 2 adalah yang dicoret warna merah. Kemudian, copy CNAME 1 dan tinggalkan halaman ini dalam mode CNAME seperti ini
    dapatkan-cname
  2. Setting DNS. Caranya : Login ke Member Area Webhosting >> Domain >> DNS >> CNAME, untuk menambahkan CNAME yang didapat tadi. Pada contoh gambar di bawah, saya hanya menambahkan CNAME 1 yaitu blog dan ghs.google.com tanpa menambahkan CNAME 2, karena CNAME 2 subdomain blog.satujuta.store itu sama dengan CNAME 2 domain satujuta.store. Jadi CNAME 2 dianggap sudah ada (karena CNAME 2 sebenarnya sudah pernah ditambahkan dahulu kala pada saat menyambungkan domain satujuta.store ke blogspot) Klik simpan dalam kondisi hanya menambahkan CNAME 1
    setting-dns
  3. Kembali ke halaman yang ditinggalkan tadi di dasboard blogspot (mode CNAME). Kemudian klik lagi simpan. 
  4. Untuk kali ini, proses membuat subdomain sudah selesai, tinggal menunggu proses propagasi dan proses perubahan http ke https seperti dicontohkan pada gambar di bawah.
    proses-propagasi
    Biasanya kedua proses tersebut memakan waktu sekitar 30 menit. Setelah semua tahapan dilalui, subdomain yang dihasilkan adalah satu website (blog) berjudul world monetize dengan url https://blog.satujuta.store.
    wordmonetize
    Mengenai judul "world monetize", jika ingin merubahnya, maka tinggal dirubah dari menu setelan >> dasar >> judul blog. Tapi tidak dirubah juga tidak apa-apa. bahkan ada banyak website populer yang tetap membiarkannya seperti itu. Tentu saja mereka memiliki pertimbangan hebat untuk membiarkannya seperti itu.

    Cara Kedua :

    1. Setting DNS. Caranya : Login terlebih dahulu ke Member Area Webhosting >> Domain >> DNS >> CNAME, dan tambahkan CNAME 1 yaitu nama subdomain dan ghs.google.com sebelum merubah URL membuat subdomain di dasboard blogspot. Sama seperti yang saya contohkan pada Cara Kesatu, pada contoh gambar di bawah, saya hanya menambahkan blog dan ghs.google.com tanpa menambahkan CNAME 2, karena CNAME 2 subdomain sebenarnya sama dengan CNAME 2 domain utama. Jadi memasukan CNAME 2 itu sebenarnya tidak perlu, kemudian klik simpan dalam kondisi hanya menambahkan CNAME 1 yaitu nama subdomain dan ghs.google.com (blog dan ghs.google.com)
    2. Merubah URL Membuatnya menjadi subdomain. Caranya : Masuk ke dasboard akun blogspot  https://worldmonetize.blogspot.com >> setelan >> Publikasi >> dan klik siapkan URL pihak ketiga seperti pada gambar cara kesatu ini
      Kemudian masukan nama subdomain.domainutama.store yang diinginkan (pada contoh tutorial ini, saya memasukan nama blog.satujuta.store) dan klik simpan
      Pada tahapan ini, tidak akan ada CNAME yang keluar, karena sudah dimasukan terlebih dahulu ke DNS Management. Dengan kata lain, perubahan URL untuk membuat subdomain akan langsung terverifikasi.
    3. Menunggu proses propagasi dan proses perubahan http ke https.
    4. Selesai
    Cara Kedua ini sebenarnya hanya merubah urutan tahapan pembuatan saja, yaitu mendahulukan setting DNS. 2 Cara Membuat Subdomain ini sudah saya coba dan sukses.
    Jika anda bermaksud membuat domain utama menjadi subdomain,
     caranya sama saja. Semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah ikut berpartisifasi
    Komentar anda akan segera kami balas