Perbedaan Cara Mengurus Jenazah : Muslim, Non Muslim, Ibu Hamil, Janin Keguguran, Bayi Kandungan 6 Bulan, Syahid, Sedang Ihrom, Sudah Mati Hidup Lagi - BAITUSSALAM

Perbedaan Cara Mengurus Jenazah : Muslim, Non Muslim, Ibu Hamil, Janin Keguguran, Bayi Kandungan 6 Bulan, Syahid, Sedang Ihrom, Sudah Mati Hidup Lagi

Perbedaan Cara Mengurus Jenazah : 
  • Jenazah Seorang Muslim Secara Umum
  • Jenazah Ibu Hamil
  • Jenazah Janin Keguguran
  • Jenazah Bayi Yang Baru Lahir Setelah Usia Kandungan 6 Bulan
  • Jenazah Orang Yang Mati Syahid
  • Jenazah Orang Yang Sedang Ihrom
  • Jenazah Orang Yang Sudah Mati Hidup Lagi Mati Lagi
  • Jenazah Non Muslim (harbi, murtad, dzimi, mu'ahad, mu'aman)

perbedaan-cara-mengurus-jenazah

Kewajiban Mengurus Jenazah Seorang Muslim/Muslimat Secara Umum

Secara asal ketika seorang muslim mati, maka tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang adanya kewajiban bagi muslim lainnya yang masih hidup untuk mengurus jenazahnya : 

  1. dimandikan
  2. dikafani
  3. shalat jenazah
  4. diquburkan. 
Hukum mengurusnya adalah fardhu kifayah berdasarkan Ijma' dan Hadits Nabi.
Sumber :
Syekh Zainudin bin Abdul Aziz Al-Malibari dalam Fathul Muin :
فرض كفاية للإجماع والأخبار
"Hukumnya fardhu kifayah berdasarkan ijma dan Hadits Nabi"
Syaikh Taqiyuddin Abi Bakar bin Muhammad Al-Husaini Al-Hishni Ad-Dimsaqi dalam Kifayatul Akhyar Juz 1 Hal 163 :
لا خلاف أن الميت المسلم يلزم الناس القيام بأمره في هذه الأربعة والقيام بهذه الأربعة فزض كفاية بالإجماع ذكره الرافعي والنواوي وغيرهما
"Tidak ada ikhtilaf bahwasanya perihal jenazah muslim wajib kepada manusia untuk menunaikan urusannya pada empat perkara ini. Menunaikan empat perkara ini hukumnya fardhu kifayah berdasarkan ijma para ulama. Imam Rafi'i, Imam Nawawi dan yang lainnya mengatakan itu (fardhu kifayah)"
Imam Nawawi dalam Minhaj Ath-Thalibin :
وغسله وتكفينه والصلاة عليه ودفنه فروض كفاية
"Dan adapun memandikannya, mengkafaninya, shalat jenazah untuknya dan menguburnya adalah fardhu kifayah"
Syekh Jalaludin Al-Mahalli dalam Syarah Minhaj Ath-Thalibin :
وغسله وتكفينه والصلاة عليه ودفنه فروض كفاية في حق المسلم بالإجماع
"Dan adapun memandikannya, mengkafaninya, shalat jenazah untuknya dan menguburnya adalah fardhu kifayah di hak jenazah muslim berdasarkan ijma"

Mengurus jenazah seorang muslim tetap wajib sekalipun semasa hidupnya pelaku dosa fahisyah dan tarik ash-shalat selama perbuatan fahisyah dan tariknya tersebut tidak lahir dari juhdnya dia terhadap kewajiban meninggalkan maksiat dan kewajiban mendirikan shalat (logis, karena jika lahir dari juhd tentu secara hukum bukan lagi termasuk muslim melainkan kafir murtad). Hal ini sebagaimana dijelaskan Syaikh Sayid Abdurrahman Ba'alawi dalam kitabnya Bughiyah Al-Mustarsyidin Hal 92 :
مسئلة ب
يجب تجهيز كل مسلم محكوم بإسلامه وإن فحشت ذنوبه وكان تاركا للصلاة وغيرها من غير جحود ويأثم كل من علم به او في ذلك لأن لا إله الا الله وقاية له من الخلود في النار
"Masalah ب : wajib mengurus jenazah setiap muslim yang secara hukum masih legal dihukumi keislamannya sekalipun dosanya fahisyah, tarikash-shalat, dsb, selama perbuatan tersebut bukan karena juhd. Dan berdosa setiap orang yang memgetahui kematiannya tapi tidak mengurusnya atau joledar perihal tajhiz. Alasannya karena kalimat لا اله الا الله masih menjadi jimat selamat baginya dari khulud di dalam neraka."

Jadi siapapun selama masih ada لا اله الا الله di dalam i'tiqadnya, wajib diurus jenazahnya.

Bahkan disunatkan untuk ditalqin baik sebelum matinya maupun sesudah jenazah tersebut diquburkan. Ahli maksiyat bahkan lebih membutuhkan talqin daripada Ahli ibadah.

Akan tetapi ada juga kategori jenazah tertentu yang cara mengurusnya berbeda, seperti kategori-kategori yang akan dijelaskan selanjutnya.

Ibu Hamil

Ibu hamil yang mati wajib dipastikan terlebih dahulu kondisi janin yang sedang dikandungnya sebelum dimandikan, dikafani, shalat jenazah dan diquburkan.

  • Jika janinnya juga mati, maka jenazah dikuburkan dalam keadaan mengandung.
  • Jika janin diketahui hidup, maka perut ibu hamil tersebut wajib dibedah untuk mengeluarkan janin hidup yang dikandungnya.
  • Jika janin belum bisa diketahui hidup atau matinya, maka pengurusan jenazah wajib ditangguhkan beberapa saat untuk memastikan kondisi janin yang sebenarnya.
  • Jika janin diketahui masih hidup dalam kondisi jenazah ibu hamil sudah diquburkan, maka jenazah wajib digali dari quburnya untuk mengeluarkan janin hidup yang dikandungnya.
Sumber :
Syaikh Zainudin bin Abdul Aziz Al-Malibari. Fathul Muin
ولا تدفن امرأة في بطنها جنين حتى يتحقق موته 
Syekh Nawawi Al-Bantani. Kasyifah As-Sajaa Hal 100
ورابعها للمرأة اذا دفن جنينها معها وأمكنت حياته بأن يكون له ستة أشهر فأكثر فيجب النبش تداركا للواجب لأنه يجب شق جوفها قبل الدفن فان لم يرج حياته بقول القوابل حرم الشق لكن يخرج من القبر ويؤخر الدفن حتى يموت 
Syekh Nawawi Al-Bantani. Nihayah Az-Zain Hal 155
ولو تغيرت لئلا يدفن الحمل حيا وقول التنبيه ترك عليه شيء حتى يموت ضعيف بل غلط فاحش فليحذر ومع ذلك لا ضمان فيه مطلقا بلغ ستة أشهر أولا لعدم تيقن حياته

Janin Keguguran

Istilah yang lebih ngtrend dalam dunia fiqih adalah السقط / Saqthu. Istilah ini ditujukan kepada janin yang lahir sebelum usia kandungannya mencapai 6 bulan. 
  • Jika janin tersebut lahir pada kondisi ada tanda-tanda kehidupan, seperti : bergerak, bersuara, berkedip, tersenyum dsb sekalipun tanda-tanda tersebut terjadi ketika janin masih belum lepas sepenuhnya dari liang farji ibunya. Kemudian mati. Maka jenazahnya wajib diurus sebagaimana manusia dewasa : wajib dimandikan, wajib dikafani, wajib shalat jenazah dan wajib diquburkan.
  • Jika janin tersebut lahir pada kondisi tidak ada tanda kehidupan, tapi dapat dilihat dengan jelas bahwa fisiknya sudah menjadi makhluk, sekalipun usia kandungan belum mencapai 4 bulan, maka jenazahnya : wajib dimandikan, wajib dikafani, wajib diquburkan, tidak wajib shalat jenazah.
  • Jika janin tersebut lahir pada kondisi tidak ada tanda kehidupan dan fisiknya tidak berbentuk makhluk, maka : tidak wajib dimandikan, tidak wajib dikafani, tidak wajib diqubur, bahkan haram shalat jenazah untuknya dan boleh dibuang kemana saja bahkan boleh dijadikan makanan hewan buas. Tapi sunat ditutupi kain dan sunat diquburkan.
Sumber :
Syaikh Zainudin bin Abdul Aziz Al-Malibari. Fathul Muin
وووري سقط ودفن فان اختلج صلي عليه
Syekh Nawawi Al-Bantani. Kasyifah As-Sajaa Hal 94 dan Nihayah Az-Zain Hal 156 :
وأما السقط وهو النازل قبل تمام الأشهر ففيه تفصيل حاصله أنه ان لم تظهر حياته ولا أماراتها ولا خلقه لا تجوز الصلاة عليه ولا يجب غسله ويسن ستره بخرقة ودفنه
وان لم تظهر حياته ولا أماراتها لكن ظهر خلقه وجب ما عدا الصلاة فحينئذ ووري أى ستر بخرقة سقط موصوف بما ذكر ودفن أى وغسل وجوبا في هذه الثلاثة وحرمت الصلاة عليه
فان ظهرت حياته بصياح أو غيره أو أمارتها كأن اختلج أى اضطرب أو تحرك بعد انفصاله فهو كالكبير ولو دون أربعة أشهر ان فرض كما أفاده الشبراملسي وحينئذ كفن ودفن وغسل وجوبا قطعا وصلي عليه وجوبا على الأظهر في مسألة عدم ظهور الحياة كالبكاء مع ظهور أمارتها كالتحرك لاحتمال حياته بهذه القرينة الدالة عليها وللإحتياط

Bayi Lahir Setelah Usia Kandungan Mencapai 6 Bulan Lebih Sedikit

Ini dalam istilah fiqih termasuk kategori ولد / bukan السقط Untuk jenis ini fiqih memperlakukannya sebagaimana jenazah ولد secara umum. Sekalipun lahir dalam keadaan tidak bernyawa, sekalipun tidak diketahui sebelumnya pernah hidup di dalam kandungan, dan sekalipun tidak jelas bentuk fisiknya kemakhlukhidupannya, maka : Wajib dimandikan, wajib dikafani, wajib shalat jenazah, dan wajib diquburkan. 

Sumber :
Syekh Nawawi Al-Bantani. Kasyifah As-Sajaa Hal 94, 
Nihayah Az-Zain Hal 156
أما النازل بعد تمام الأشهر وهو ستة أشهر فكالكبير مطلقا وان نزل ميتا ولم يعلم له سبق حياة
وقال الشبراملسي وان لم يظهر فيه تخطيط ولا غيره حيث علم أنه من عدمي اذ هو خارج من تعريف السقط
وخرج بالسقط العلقة والمضغة لأنهما لا يسميان ولدا فيدفنان ندبا من غير ستر

Syahid Korban Perang

Syahid dalam hal ini adalah yang mati sebab perang, termasuk :
  • Mati sebab dibunuh musuh
  • Mati sebab terbunuh senjata kawan
  • Mati sebab terbunuh senjata milik sendiri
  • Mati sebab jatuh dari kendaraan perang
  • Mati sebab tergilas/terinjak kendaraan perang.
  • Mati sebab terbunuh senjata yang tidak jelas pemiliknya.
  • Mati saat itu juga atau kemudian tapi sebabnya adalah perang.
Jenazah jenis ini : 
  • Haram dimandikan
  • Wajib dikafani. Sunat dikafani dengan pakaian perang yang dia mati saat menggunakannya, baik berlumuran darah maupun tidak. Pakaian yang berlumuran darah lebih utama dipakaikan. Jika pakaian perang tersebut tidak cukup untuk menutupi aurat jenazahnya maka wajib ditambah dengan kain lain yang bisa menutupinya.
  • Haram shalat jenazah untuknya.
  • Wajib diquburkan.
Sumber :
Syekh Nawawi Al-Bantani. Kasyifah As-Sajaa Hal 94 :
أما الشهيد فيحرم عليه غسله والصلاة عليه ويسن دفنه في ثيابه فقط ولو من حرير بعد نزعها منه عقب موته وعودها اليه عند التكفين وأما الدفن فواجب كالتكفين سواء في ذلك ثيابه الملطخة بالدم وغيرها لكن الملطخة أولى سواء أقتله كافر أم أصابه سلاح مسلم خطأ أوعاد اليه سلاح نفسه أوسقط عن دابته أو وطئته الدواب أو أصابه سهم لا يعرف هل رمى به مسلم أم كافر وسواء وجد به أثر أم لا مات في الحال أم بقي زمانا ومات بذلك السبب قبل انقضاء الحرب أم معه أم بعده وليس فيه ال حركة مذبوح بخلاف ما لو مات بعده وفيه حياة مستقرة فليس بشهيد
Syekh Zainudin Al-Malibari dalam Fathul Muin :
وتحرم صلاة على شهيد كغسله وهو من مات في قتال كفار بسببه لا أسير قتل صبرا وكفن شهيد في ثيابه لا حرير ويندب تلقين بالغ ولو شهيدا بعد دفن

Orang Yang Dzakarnya Belum Dikhitan.

Ini bisa saja terjadi pada anak dan dewasa.
  • Dzakar jenazah haram dikhitan, sekalipun jenazah berdosa dengan tidak mengkhitan dzakarnya atau menangguhkan mengkhitannya.
  • Wajib dimandikan dan air wajib sampai pada bawah kulufnya. Bisa diganti dengan ditayamumkan jika sulit membasuh perkara yang ada dibawah kulufnya selain dengan mengkhitannya sekalipun ada najis di sana. illatnya للضرورة (menurut Imam Ibnu Hajar Al-Haitami)
  • Shalat jenazah
  • Dikuburkan
Sumber :
Syekh Zainudin bin Abdul Aziz Al-Malibari dalam Fathul Muin :
حتى ما تحت قلفة الأقلف على الأصح صبيا كان الأقلف أو بالغا قال بعض الحنفية لا يجب غسل ما تحتها فعلى المرجح لو تعذر غسل ما تحت القلفة بأنها لا تتلقص الا بجرح يمم عما تحتها كما قاله شيخنا وأقره غيره 
Syekh Sayid Abu Bakar. Ianah Ath-Thalibin Juz 2 Hal 109 :
لو تعذر غسل ما تحت القلفة بسبب أنها لا تتلقص أي لا تنكف ولا تنفسخ الا بجرح يمم عما تحتها أي وصلى عليه وان كان ما تحتها نجسا للضرورة وهذا ما قاله ابن حجر وقال الرملي ان كان ما تحتها طاهر يمم عنه وان كان نجسا فلا يمم ويدفن بلا صلاة عليه لأن شرط التيمم ازالة النجاسة 
وينبغي تقليد الأول لأن في دفنه بلا صلاة عدم احترام الميت وعلى كل من القولين يحرم قطع قلفة الميت وان عصى بتأخيره

Orang Yang Sedang Ihram.

  • Wajib dimandikan. Air yang dipergunakan haram dicampur wewangian sebagaimana orang berihram.
  • Wajib dikafani. Badan dan kain kafan haram diwangikan dengan wewangian. Jika laki-laki : haram dikafani dengan kain yang dijahit dan haram ditutup kepalanya. Jika perempuan atau khuntsa : haram ditutup wajahnya dan 2 telapak tangannya dengan sarung tangan sebagaimana orang yang sedang ihram.
  • Wajib shalat jenazah
  • Wajib diquburkan
Perbedaannya dengan jenazah pada umumnya adalah hanya karena jenazah wajib diurus mengikuti ketentuan ihram, karena ihram tidak jadi batal karena mati. Sehingga dia dalam keadaan berihram sampai ke akhirat.

Sumber :

Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Nihayah Az-Zain Hal 152
أما المحرم فلا يطيب لا في بدنه ولا في كفنه ولا في ماء غسله
Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Kasyifah As-Sajaa Hal 94
وأما المحرم الذكر فلا يلبس محيطا ولا يستر رأسه والمرأة والخنثى لا يستر وجهها ولا كفاهما بقفازين ويحرم أيضا أن يقرب لهم طيب ككافور وحنوط في أبدانهم وأكفانهم وماء غسلهم لأثر الإحرام لأن النسك لا يبطل بالموت

Non Muslim

Ini jadi masuk pembahasan pengurusan jenazah hanya jika jenazah tidak diurus oleh sesama penganut agamanya, contoh kasus : di lingkungan domisili penduduk islam ada penganut agama lain yang mati tapi tidak diurus jenazahnya.
  • Kafir Dzimi : tidak wajib dimandikan, wajib dikafani, haram shalat jenazah, wajib diquburkan. illat hukum fiqihnya وفاء بذمته / dalam rangka menunaikan beban kesepakatannya
  • Kafir Muahad : tidak wajib dimandikan, wajib dikafani, haram shalat jenazah, wajib diquburkan. illat hukum fiqihnya وفاء بذمته / dalam rangka menunaikan beban kesepakatannya
  • Kafir Muamman : tidak wajib dimandikan, wajib dikafani, haram shalat jenazah, wajib diquburkan. illat hukum fiqihnya وفاء بذمته / dalam rangka menunaikan beban kesepakatannya
  • Kafir Harbi : tidak wajib dimandikan, tidak wajib dikafani, haram shalat jenazah, tidak wajib diquburkan jika baunya tidak menimbulkan madharat terhadap lingkungan. Jika menimbulkan madharat, maka wajib ditimbun di dalam tanah. illat hukum fiqihnya :  دفعا للضرر عنهم / sebagai langkah antisipatif atas kemadharatan baru (aroma tidak sedap) darinya
  • Kafir Murtad : tidak wajib dimandikan, tidak wajib dikafani, haram shalat jenazah, tidak wajib diquburkan jika baunya tidak menimbulkan madharat terhadap lingkungan. Jika menimbulkan madharat, maka wajib ditimbun di dalam tanah. illat hukum fiqihnya :  دفعا للضرر عنهم / sebagai langkah antisipatif atas kemadharatan baru (aroma tidak sedap) darinya
Kafir dzimi, kafir muahad dan muamman diperlakukan sama. Kafir harbi dan kafir murtad diperlakukan sama.

Sumber :
Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Nihayah Az-Zain Hal 149 :
أما الكافر فان كان ذميا وجب تكفينه ودفنه وفاء بذمته وعلينا مؤن تجهيزه حيث لم يكن له تركة ولا من تجب عليه نفقته وتحرم الصلاة عليه ولا يجب غسله وان كان حربيا أو مرتدا فلا يجب عليه شيء بل يجوز إغراء الكلاب على جيفته نعم ان تضرر المسلمون برائحته وجبت موارته دفعا للضرر عنهم 

Sudah Mati Hidup Lagi Mati Lagi Seorang Muslim

Kasus seperti ini sebenarnya jarang terjadi. Tapi bukan berarti tata cara mengurusnya tidak penting diketahui.
Contoh kasus : Kabayan mati. Jenazahnya sudah diurus dengan sempurna sesuai dengan tata cara pada fiqih jenazah : dimandikan, dikafani, shalat jenazah dan dikuburkan. Kemudian kabayan hidup lagi. Kemudian dia mati lagi.
Maka untuk jenazah yang seperti ini, wajib diurus untuk kedua kalinya.
Sumber :
Imam Qalyubi dalam Hasyiyatani Juz 1 Hal 322 :
قوله فروض كفاية
وان تكرر موته بعد حياة حقيقية
Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Nihayah Az-Zain Hal 149 :
 ولو مات موتا حقيقيا ثم جهز ثم أحيى حياة حقيقية ثم مات وجب تجهيز أخر
Syekh Ibrahim Al-Baejuri dalam Hasyiyah Al-Bajuri Juz 1 Hal 243 :
ولو مات موتا حقيقيا ثم جهز ثم أحيى حياة حقيقية ثم مات فالوجه الذي لا شك فيه أنه يجب تجهيزه ثانيا
Syekh Sayid Abu Bakar dalam I'anah Ath-Thalibin Juz 2 Hal 108-109 :
فرع أخر
لو مات انسان موتا حقيقيا وجهز ثم أحيى حياة حقيقية ثم مات فالوجه الذي لا شك فيه أنه يجب له تجهيز آخر خلافا لمن توهمه
Walloohu A'lam
Daftar Pustaka
An-Nawawi, Imam Muhyiddin Abi Zakariya Yahya. Al-Adzkar. Syirkah An-Nur Asia.
Al-Malibari, Syekh Zainudin. Fathul Muin. Syirkah An-Nur Asia.
Ad-Dimsaqi, Syaikh Taqiyuddin Abi Bakar. Kifayatul Akhyar (Jilid 1). Syirkah An-Nur Asia.
Ba'alawi, Syaikh Sayid Abdurrahman. Bughiyah Al-Mustarsyidin. Dar Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah. 
Al-Qalyubi, Syaikh Syihabuddin Ahmad dan Umairoh, Syaikh Syihabuddin Ahmad. Hasyiyah Al-Qalyubi Wa Umairoh Ala Syarh Al-Mahalli Ala Al-Minhaj (Jilid 1). Dar Al-Fikr. 
Al-Anshari, Syaikh Abi Yahya Zakariya. Fath Al-Wahab (Jilid 1). Dar Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah.
Al-Bakri, Syaikh Sayid Abu Bakar Ad-Dimyati. Ianah Ath-Thalibin (Jilid 1). Syirkah An-Nur Asia.
Al-Ghazzi, Syaikh Ibnu Qasim. Fath Al-Qarib Al-Mujib. Syirkah An-Nur Asia. 
Al-Baijuri, Syaikh Ibrahim. Hasyiyah Al-Bajuri (Jilid 1). Toha Putra.
Al-Bantani, Syaikh Muhammad Nawawi. Nihayah Az-Zain dan Kasyifah As-Saja. Toha Putra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas