Syarat Sah Shalat Jama Taqdim - BAITUSSALAM

Syarat Sah Shalat Jama Taqdim

Syarat Sah Shalat Jama Taqdim ada 4 : Dimulai dengan shalat yang kesatu, niat jama taqdim pada shalat yang kesatu, muwalah antara shalat yang kesatu dan shalat yang kedua, dawam udzurnya [Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhrami, Safinah An-Najaa Hal 85]
فصل : في شروط جواز جمع التقديم شروط جمع التقديم سفراً ومطراً أربعة أحدها : البداءة بالأولى لأن الوقت لها والثانية تبع فلو صلى العصر قبل الظهر أو العشاء قبل المغرب لم يصح لأن التابع لا يتقدم على متبوعه وله عادة الأولى بعد الثانية إن أراد الجمع. و ثانيها: نية الجمع فيها أي في الصلاة الأولى قبل التحلل منها ليتميز التقديم المشروع عن التقديم سهواً أو عبثاً كأن يقول: نويت أصلي فرض الظهر مجموعاً بالعصر. و ثالثها: الموالاة بينهما أي بين الصلاتين قال السيد يوسف الزبيدي في إرشاد الأنام: بأن لا يفصل بينهما طويلاً وذلك بقدر ركعتين بأقل مجزىء، فإن اختل شرط من هذه الثلاثة صلى الثانية في وقتها، وهذه الشروط الثلاثة سنن في جمع التأخير انتهى. و رابعها: دوام العذر أي بقاء السفر إلى الإحرام بالثانية فلو أقام في أثنائها لم يضر فلا يشترط دوامه إلى تمامها، فلو أقام قبل عقد الثانية فلا جمع وإن سافر عقب الإقامة لزوال السبب وهو السفر فيتعين تأخير الصلاة إلى وقتها، وإنما يشترط بقاء السفر ليقارن العذر الجمع وإن لم يقارن عقد الأولى كما لو شرع في الظهر مثلاً بالبلد وهو في سفينة فسارت السفينة فنوى الجمع في أثناء الصلاة الأولى فيصح، وكذا يشترط بقاء وقت الأولى إلى عقد الثانية وإن خرج في أثنائها، ويشترط أيضاً صحة الأولى يقيناً أو ظناً فيجمع فاقد الطهورين والمتيمم ولو بمحل يغلب فيه وجود الماء على المعتمد وكذا المستاحضة، وأما المتحيرة فلا تجمع تقديماً لانتفاء صحة الأولى يقيناً أو ظناً لاحتمال وقوعها في الحيض، وأما الجمع للمطر فيشترط وجود المطر في أول الصلاتين وبينهما وعند التحلل من الأولى ولا يضر انقطاعه في أثناء الأولى أو الثانية أو بعدهما

Fasal - Perihal Syarat-Syarat dibolehkannya jama taqdim. Syarat jama taqdim ada 4 :
  • Kesatu - Dimulai dengan shalat yang kesatu. Karena waktu adalah milik shalat yang kesatu, dan shalat yang kedua adalah pengikut. Sehingga jika Anwar telah ngerjakan shalat ashar sebelum shalat dhuhur atau shalat isya sebelum shalat maghrib, maka program jama taqdimnya tidak sah. Karena sesungguhnya pengikut tidak boleh diurutkan mendahului terhadap yang diikutinya. Dan boleh kepada Anwar mengerjakan i'adah terhadap shalat pertama yang salah antrian tersebut setelah selesai shalat yang kedua jika Anwar menghendaki jama'.
  • Kedua - Niat jama taqdim pada shalat yang kesatu sebelum tahallul dari shalat yang kesatu, agar menjadi berbeda pendahuluan yang disyari'atkan dari pendahuluan yang dalam kondisi lupa atau main-main. Seperti  contoh Anwar mengucapkan di dalam hati : 
نَوَيْتُ أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ مَجْمُوْعًا بِالْعَصْرِ

"aku telah berniat untuk aku mengerjakan shalat terhadap dzuhur dijama dengan ashar"

  • Ketiga - Muwalah antara shalat yang kesatu dan shalat yang kedua. Telah berkata dalam kitab Irsyad Al-Anam : "dengan sekira dia tidak menjadikan fashilah thawil antara keduanya. Fashilah thawil itu adalah seukuran shalat 2 rakaat dengan standar minimal. Selanjutnya, jika ikhtal salah satu syarat dari ketiga syarat ini maka dia harus mengerjakan shalat yang kedua pada waktunya. Ketiga syarat ini adalah sunat-sunat pada program jama' ta'khir.intaha".
  • Keempat - Dawam udzurnya. Masih tetap safarnya sampai takbiratul ihram shalat yang kedua. Sehingga jika Anwar bermuqim pada pertengahan shalat kedua, maka itu tidaklah madharat. Maka tidak disyaratkan dawamnya udzur sampai sempurna shalat yang kedua. Kemudian jika dia bermuqim sebelum akad shalat kedua, maka tidak ada kebolehan program jama taqdim, sekalipun bersafar lagi setelah bermuqim, karena hilangnya sebab yakni bersafar, maka tentulah ketentuan mengakhirkan shalat kedua pada waktunya. Numatak numawi disyaratkan masih tetapnya udzur, supaya udzur menyertai terhadap program jama, dan sekalipun udzur tidak menyertai terhadap akad shalat yang kesatu, seperti kasus : jika dia syuru' pada shalat dzuhur umpamanya di negerinya dan dia dalam keadaan di atas kapal laut, kemudian kapal laut berjalan, kemudian dia meniatkan terhadap jama pada pertengahan shalat kesatu, maka itu sah.
Begitu juga : 
  • disyaratkan asih tetapnya waktu shalat kesatu sampai akad shalat kedua, sekalipun waktu keluar pada pertengahan shalat kedua.
  • disyaratkan juga sahnya shalat yang kesatu secara meyakinkan atau prasangka yang kuat. Oleh karena disini ada qayid "prasangka", maka faqid ath-thahurain dan al-mutayammim boleh menjama taqdim sekalipun pada tempat yang ghalib di tempat tersebut keberadaan air berdasarkan qaul al-mu'tamad madzhab Syafi'i. Begitu juga Al-mustahadhah. Adapun al-mutahayyirah maka tidak boleh menjama taqdim karena ketiadaan sahnya shalat kesatu secara meyakinkan ataupun dzonn, karena ihtimal terjadinya shalat kesatu pada saat haidh.
Adapun jama sebab hujan, maka disyaratkan :
  • adanya hujan pada awal kedua shalat, antara keduanya, dan ketika tahallul dari shalat kesatu. dan tidak madharat putusnya hujan pada pertengahan shalat kesatu atau pertengahan shalat kedua atau setelah keduanya.
[Syaikh Abi Abdil Mu'thi Muhammad Nawawi Al-Jawi, Kasyifah As-Saja fi Syarhi Safinah An-Najaa Hal 85]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas