4 Cara Membaca Isti'adzah + Basmalah + Awal Surat - BAITUSSALAM

4 Cara Membaca Isti'adzah + Basmalah + Awal Surat

Berikut ini 4 Cara Membaca Isti'adzah + Basmalah + Awal Surat yang benar sebagaimana dijelaskan oleh para ulama ahli ilmu tajwid, antara lain dalam kitab Hidayah al-Mustafid :
hukum-membaca-istiadzah-basmalah
س : اِذَا اَتَى الْقَارِئُ بِالْإِسْتِعَاذَةِ وَالْبَسْمَلَةِ وَالسُّوْرَةِ فَكَمْ وَجْهًا فِيْهَا؟
ج : فِيهَا اَرْبَعَةُ اَوْجُهٍ قَطْعُ الْجَمْعِ وَوَصْلُ الْبَسْمَلَةِ بِالسُّوْرَةِ فَقَطْ وَوَصْلُ الْإِسْتِعَاذَةِ وَالْبَسْمَلَةِ فَقَطْ وَوَصْلُ الْجَمْعِ
  1. قَطْعُ الْجَمْعِ (memutuskan semuanya) : jika anda menggunakan cara ini maka anda jadi mewaqofkan (berhenti dan mengambil nafas baru) setelah membaca isti'adzah, kemudian memulai bacaan basmalah dengan bermodalkan nafas baru serta mewaqofkannya lagi, kemudian mulai membaca awal surat Al-Kahfi dengan bermodalkan nafas baru. 
  2. وَصْلُ الْبَسْمَلَةِ بِالسُّوْرَةِ فَقَطْ (mewashalkan basmalah terhadap surat saja) : Jika anda menggunakan cara ini, maka anda membaca isti'adzah serta mewaqofkannya, kemudian anda mulai membaca basmalah bermodalkan nafas baru serta mewashalkannya dengan tidak mensukunkan harkat akhir lafadz الرَّحِيْمِ serta menyambungkan pengucapannya terhadap huruf awal surat Al-Kahfi yaitu ال lafadz الحمد kemudian melanjutkan membaca awal surat Al-Kahfi tersebut
  3. وَصْلُ الإِسْتِعَاذَةِ وَالْبَسْمَلَةِ فَقَطْ (mewashalkan isti'adzah + basmalah saja) : Jika menggunakan cara ini,  anda jadi menyambungkan bacaan isti'adzah terhadap bacaan basmalah tanpa mensukunkan lafadz الرَّجِيْمِ dan langsung dilanjutkan dengan pengucapan huruf ب lafadz بِسْمِ kemudian membaca basmalah dan mensukunkan huruf م lafadz الرَّحِيْمِ kemudian berhenti dan mengambil nafas baru sebelum membaca awal surat Al-Kahfi
  4. وَصْلُ الْجَمْعِ (mewashalkan semuanya) : Jika melakukan cara ini, maka dengan satu kali pengambilan nafas anda jadi membaca isti'adzah + basmalah + awal surat Al-Kahfi tanpa berhenti terlebih dahulu.
Kita bisa menggunakan cara yang mana saja, karena 4 cara ini diperbolehkan. Yang paling penting adalah menyesuaikan dengan situasi.

Khusus dalam proses pengajaran membaca Al-Qur'an untuk pemula (seperti di : RA, TKA dan TPA) biasanya yang pertama kali diterapkan adalah cara nomor 1 yaitu قَطْعُ الْجَمْعِ karena umumnya guru mempertimbangkan nafas peserta didik dengan memprioritaskan kebenaran bacaan terlebih dahulu sekalipun dalam kondisi terbata-bata/putus-putus. Kemudian cara nomor 2 --> cara nomor 3 --> cara nomor 4.

Kewajiban mengajarkan membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid memang menjadi salah satu tanggungjawab guru di sekolah, tapi penting juga dibantu penerapannya dengan pembiasaan membaca bersama orang tua di rumah dengan pola tajwid seperti itu. 

Sumber :

Abu Rimah, Syaikh Muhammad al-Mahmud. Hidayah al-Mustafidz fi Ahkam at-Tajwid. Hal 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas