Mengenal Festival Anak Shaleh Indonesia - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Senin, 16 Desember 2019

Mengenal Festival Anak Shaleh Indonesia

Serangkaian jenis lomba kreativitas untuk tingkat Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) dan Ta'limul Qur'an Lil Aulad (TQA). 

Sebuah ajang kompetisi fastabiqul khairat bagi santri cilik yang diselenggarakan oleh panitia independent di bawah binaan LPPTKA BKPRMI. Itulah kegiatan inti dari Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI). 

Secara teknis, Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) biasanya diawali dengan Pawai Ta'aruf yang diikuti seluruh kontingen (pengurus, pengajar, peserta lomba, santri unit dan bobotoh) Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan.

Di sebagian wilayah di tanah air, event pencarian bakat ini bahkan seringkali dimeriahkan pula dengan pameran dan bazar berbagai produk halal, makanan olahan, kerajinan, mainan anak, buku-buku, dan lain sebagainya. 

Artinya event ini juga berpotensi menunjang peningkatan ekonomi masyarakat jika didukung dan dikelola secara baik.

Apa saja bidang yang dilombakan pada event kejuaraan tersebut? 

Untuk Tingkat TKA : Tartil Al-Qur'an, Adzan dan Iqomah, Nasyid Islami, Peragaan Shalat, Cerdas Cermat Al-Qur'an, Mewarnai Gambar, Pidato Bahasa Indonesia, Gebyar Mewarnai (Eksebisi) dan Senam Hijaiyah (Eksebisi). 


Untuk Tingkat TPA : Tartil Al-Qur'an, Adzan dan Iqomah, Nasyid Islami, Cerdas Cermat Al-Qur'an, Menggambar, Pidato Bahasa Indonesia Gebyar Menggambar (Eksebisi) dan Senam Hijaiyah (Eksebisi). 


Untuk Tingkat TQA : Tilawah Al-Qur'an, Tahfidz Juz Amma, Cerdas Cermat Al-Qur'an, Kisah Islami, Kalighrafi, Pidato Bahasa Indonesia dan Gebyar Kalighrafi (Eksebisi).



Para santri berprestasi yang meraih juara terbaik 1 dari masing-masing bidang yang dilombakan (kecuali eksebisi) nantinya menjadi peserta di jenjang yang lebih tinggi.
Alifa Rihadatul Anfus (Juara 1 Pidato Putri) Rafa Al Mubarok (Juara 3 Adzan) Muhammad Dafi Nuril Husna (Juara 1 Tartil AlQur'an) di Festival Anak Shaleh Indonesia 2019
Alifa Rihadatul Anfus (Juara 1 Pidato Putri) Rafa Al Mubarok (Juara 3 Adzan) Muhammad Dafi Nuril Husna (Juara 1 Tartil AlQur'an) di FASI XI 2019

Menariknya, Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ini selama ini selalu sukses digelar secara berjenjang mulai dari tingkat kelurahan > kecamatan > kota/kabupaten > provinsi > nasional dengan hanya mengandalkan dana partisifasi unit lembaga binaan penyelenggara, yang tentu saja bersumber dari iuran orangtua santri, tanpa bantuan dari pihak pemerintah baik daerah maupun pusat

Yayasan Baitussalam Sukapala Mengucapkan : "selamat dan sukses kepada semua santri berprestasi di event kejuaraan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) yang digelar di seluruh indonesia"
Bersama Santri Cilik Berprestasi di Festival Anak Shaleh Indonesia 2019
Bersama Santri Cilik Berprestasi Kecamatan Kawalu Pada FASI XI 2019

Semoga Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) melahirkan generasi shaleh indonesia yang mampu mewujudkan masa depan indonesia yang lebih baik, yang bak negeri impian. aamiin.

Previous
This Is The Oldest Page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas