Ziarah ke Makam Waliyullah Syekh Abdul Gharib - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Minggu, 24 Oktober 2021

Ziarah ke Makam Waliyullah Syekh Abdul Gharib

Dengan ziarah ke Makam Waliyullah Syekh Abdul Gharib Rahimahullah, Baitussalam perkenalkan situs islam bersejarah kepada santri cilik TPQ & MDT.
Syaikh Abdul Gharib adalah salah satu penyebar agama islam di indonesia, lebih tepatnya di wilayah tatar sunda. Menurut catatan sejarah, perjuangan beliau masih semasa dengan Syaikh Abdul Muhyi Pamijahan. Bahkan termasuk sahabatnya.

Syaikh Abdul Gharib terlahir di kudus (1655 M/1076 H) pada masa kerajaan mataram. Pada usia 53 tahun (1708 M/1129H) beliau mendirikan pusat penyebaran agama islam, yaitu sebuah pondok pesantren yang kemudian masyarakat pada waktu itu menyebut kawasan tersebut sebagai "kampung pesantren" dan sekarang dikenal dengan kampung cibeas. Setelah 37 tahun menyebarkan agama islam di tempat tersebut kemudian beliau wafat pada usia 90 tahun (1745 M/1165 H). 

Tempat inipun sekarang menjadi tempat karomah yang banyak diziarahi kaum muslimin dari berbagai pelosok negeri. Umumnya peziarah dari tempat ini melanjutkan safar berziarah ke makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan, atau sebaliknya.

Semoga wisata religi kali ini penuh berkah.. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas