Mengenal Aplikasi Penyimpanan Google Drive - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Jumat, 23 Juli 2021

Mengenal Aplikasi Penyimpanan Google Drive

Mengenal Aplikasi Penyimpanan Google Drive ini sangat penting bagi semua pengguna android.

Apalagi bagi orang yang memiliki android dengan kapasitas penyimpanan kecil, karena aplikasi Google Drive bisa membantu menyediakan ruang penyimpanan cadangan selain penyimpanan internal bawaan android dan memory eksternal yang biasa kita beli dari counter handphone.
Google Drive adalah sebuah produk aplikasi penyimpanan file online gratis milik Google. Sebuah tempat penyimpanan file yang aman dan dapat diakses dengan perangkat mana pun yang penting akun googlenya sama, baik komputer, laptop maupun android.

Selain bisa dipergunakan sebagai tempat penyimpanan oleh pemilik akun, pemilik juga bisa membuka privasi penyimpanan dengan cara mengundang pemilik akun lain atau dengan cara membagikan link file-file yang disimpan kepada publik, sehingga orang lain yang memiliki link tersebut bisa mengakses file-file yang disimpan dan mendownloadnya jika itu diperlukan.

Mereka yang diundang atau memiliki link akses terhadap file-file yang disimpan juga bisa ikut mengedit dan memberikan komentar terhadap file-file tersebut jika pemiliknya membuat setup untuk itu di dasbor google drivenya.

Catet : Ini mengandung arti bahwa orang lain hanya bisa mengakses, melihat, mendownload, ikut mengedit dan mengomentari itu jika pemilik file bersedia membuka pintu privasinya sendiri. Sangat aman kan?

Kapasitas penyimpanan gratis yang disediakan untuk setiap akun google adalah 15 GB. ini cukup besar dan sangat membantu, karena jika memory penyimpanan android anda hanya 8 GB + 15 = 23 Gb.

Bagi pengelola web/blog, Google Drive ini manfaatnya menjadi sangat serbaguna, karena aktivitas di dunia blogging tidak bisa terlepas dari aksi-aksi berikut ini :
  • Membuat file
  • Mengedit file
  • Mengupload file
  • Mendownload file
  • Menyimpan file
  • Membagikan file
Dari sekian banyak manfaat keberadaan Google Drive, saya lebih sering memanfaatkannya sebagai penyimpanan file-file download.

Untuk mulai menggunakannya anda penting membaca artikel "mengenal dasbor google drive versi dekstop & mobile" terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas