Belajar di Rumah Sampai 12 Oktober - BAITUSSALAM

YAYASAN BAITUSSALAM SUKAPALA

Sabtu, 03 Oktober 2020

Belajar di Rumah Sampai 12 Oktober

yayasan-baitussalam-sukapala-belajar-di-rumah-sampai-12-oktober-2020

Assalamu Alaikum Wr Wb.

Menindaklanjuti surat edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Tasikmalaya Nomor : 360/SE.174-BPBD/2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penularan Corona Virus Desiese 19 (Covid 19) di Kota Tasikmalaya Point 4 (Meniadakan Kegiatan Pembelajaran Secara Tatap Muka di Semua Jenis dan Jenjang Pendidikan) yang diberlakukan mulai tanggal 29 September s/d 12 Oktober 2020, maka dengan ini kami sampaikan :

  1. Mulai Jumat 02 Oktober 2020 Kegiatan Belajar Mengajar Raudhatul Athfal (RA) Baitussalam, Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Baitussalam dan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Miftahul Anwar dirumahkan  (Belajar di Rumah)
  2. "Belajar di Rumah" sampai tanggal 12 Oktober 2020 dan kembali Belajar di Sekolah secara tatap muka tanggal 13 Oktober 2020.
  3. Materi "Belajar di Rumah" untuk RA dan TPA dikomunikasikan lebih lanjut di Grup WhatsApp oleh pengurus dan pendidik RA dan TPA.
  4. Materi "Belajar di Rumah" untuk DTA difokuskan pada Materi Pelajaran Muatan Lokal (Lihat : Buku Muatan Lokal yang diterbitkan oleh Yayasan Baitussalam Sukapala untuk DTA dan perhatikan juga tabel pembagian tugas masing-masing kelas)
    Daftar-Hapalan-Belajar-Di-Rumah
  5. "Belajar di Rumah" bukan "libur", melainkan hanyalah sebuah metode pembelajaran alternatif yang dinilai paling efektif pada situasi dimana pendidik (kami) tidak diperbolehkan untuk menyampaikan materi secara tatap muka kepada semua peserta didik (dalam hal ini adalah santri RA, TPA, DTA) sementara semua pihak (pendidik dan orang tua/wali peserta didik) ingin mengkondisikan agar kegiatan pembelajaran tetap berlangsung.
  6. Pada jam yang biasa dipergunakan untuk belajar secara tatap muka (08.00-10.00 WIB untuk RA, 13.00-15.00 WIB untuk TPA dan DTA) santri wajib ada di rumah untuk belajar.
  7. "Belajar di Rumah" merupakan metode alternatif yang kami pilih berdasarkan pertimbangan yang sangat matang dan setelah memperhatikan sejumlah aspek yang mempengaruhi dan berdampak terutama pada kesehatan peserta didik di masa pandemi.
  8. Jika Orang tua/Wali santri merasa materi "Belajar di Rumah" kurang banyak, orang tua bisa mengambil materi tambahan dari situs ini. Tidak boleh mengambil materi dari situs lain, jika belum mampu memilah dan memilih materi yang cocok. Karena materi yang tidak sesuai malah bisa berpotensi menjadi tsunami kecil bagi bahtera pendidikan. Jadi jika ada materi tambahan yang akan dihidangkan kepada semua peserta didik kami sebagai salah satu menu "Belajar di Rumah" apapun materinya wajib melalui verifikasi kami terlebih dahulu, tanpa terkecuali. 
Itulah kebijakan untuk kegiatan pembelajaran di masa pandemi saat ini.

Beberapa hal berikut ini juga perlu kami sampaikan sebagai sesuatu yang penting disadari bersama terkait hal-hal yang mempengaruhi kebijakan kami terkait kegiatan belajar mengajar, bahwa :
  • Kebijakan kami bukan kebijakan yang hanya didasarkan pada asumsi dan persepsi semata, melainkan bertitik tolak dari surat edaran pemerintah dan ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah.
  • "Belajar di Rumah" maupun "Belajar Online" jangan selalu dicitrakan sebagai suatu kemunduran pendidikan, melainkan sebuah metode alternatif dan inovatif pada pendidikan zaman modern, karena belajar itu tidak harus selalu konvensional.
Selanjutnya perlu juga kami sampaikan, bahwa sebagaimana Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Tasikmalaya Nomor : 360/SE.174-BPBD/2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penularan Corona Virus Desiese 19 (Covid 19) di Kota Tasikmalaya Point 4 (Meniadakan Kegiatan Pembelajaran Secara Tatap Muka di Semua Jenis dan Jenjang Pendidikan) diberlakukan sampai 12 Oktober 2020, maka kebijakan kami inipun berlaku sampai 12 Oktober 2020.

Selamat menikmati indahnya "Belajar di Rumah". 

Wassalamu Alaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah ikut berpartisifasi
Komentar anda akan segera kami balas